JAKARTA–Pada awal pameran Mobile World Congress, Google mengungkapkan statistik terbaru tentang sistem operasi Android. Seperti dikutip Mashable, Google mengatakan perangkat Android yang diaktifkan setiap harinya mendekati angka sejuta dan saat ini terdapat 450 ribu aplikasi dalam Android Market.

Hal itu itu dikatakan langsung oleh Kepala Google Android Andy Rubin yang diposting dalam Blog Google Mobile.

Setiap hari 850.000 perangkat Android baru diaktifkan dan pertumbuhan Android sebesar 250 persen dari tahun ke tahun. Rubin mengatakan saat ini total estimasi perangkat Android di dunia menjadi 300 juta.

Tahun lalu, Google memiliki 150.000 aplikasi dalam Android Market. Sekarang Google memiliki 450.000 aplikasi dalam Android Market.

Pertumbuhan aplikasi Android itu sangat mengesankan tapi jumlah aplikasi itu belum bisa mengalahkan jumlah aplikasi Apple iOS sebanyak 550.000 ribu di App Store, bahkan jumlah aplikasi iOS itu diprediksi mendekati 725.000.

Jelas, Google Android adalah pesaing nyata Apple iOS, mengingat jumlah aplikasi Microsoft Windows Phone Marketplace sebanyak 65.00 dan BlackBerry App World sebanyak 60.000.

Sistem operasi Google Android diadopsi oleh berbagai perangkat seperti ponsel pintar, tablet bahkan TV. Hal itu membuat pengguna sulit untuk mengetahui kapan perangkat-perangkat itu dapat diupgrade. Sistem operasi Google Android 4.0 alias “Ice Cream Sandwich” diharapkan dapat mengurangi fragmentasi tetapi sistem operasi itu hanya berlaku untuk perangkat yang berbasis Android 4.0.

Sumber: Republika