Blog Emka

Portal linux, pemrograman sistem informasi, computer security & santri

Android

Iklan di Android Banyak Kuras Baterai

Jakarta- Hampir semua pengguna ponsel cerdas pasti pernah menghadapi masalah boros baterai. Khusus pengguna Android, yang mengalami hal ini sebagai rutinitas, kini saatnya Anda mengecek aplikasi gratisan yang terpasang di ponsel Anda.

Dikutip dari PC Mag, Selasa, 20 Maret 2012, sebuah penelitian menemukan bahwa dari seluruh alokasi daya baterai yang digunakan untuk menyokong jalannya aplikasi, sekitar 75 persennya disedot oleh iklan dari pihak ketiga.

Aplikasi gratisan di Android memang kerap dipasangi iklan sebagai harga yang harus “dibayar” pengguna sebagai kompensasi mendapatkan aplikasi secara cuma-cuma.

Penelitian yang dipimpin oleh Abhinav Pathak ini menggunakan program Eprof, yang dapat menganalisis penggunaan baterai dengan memisahkan faktor penyedot daya dari dalam dan luar aplikasi.

Sementara itu perangkat yang digunakan tim adalah HTC Passion (Nexus One) yang berjalan dengan Android versi 2.3.

Tim peneliti mengambil sampel lima aplikasi populer Android, salah satunya game besutan Rovio, Angry Birds. Setelah diteliti ternyata daya baterai yang dibutuhkan untuk memainkan game ini kurang dari 30 persen.

Adapun sisanya digunakan untuk mengoleksi data lokasi pengguna untuk menentukan iklan yang sesuai serta untuk mengunduh dan menampilkan iklan tersebut.

Meskipun informasi dari pengguna hanya dikirim satu kali, Pathak mencatat bahwa iklan yang berbeda ditampilkan pada masing-masing level dan ini menjadi penyebab borosnya baterai selama memainkan game.

Ini tidak hanya terjadi pada Angry Birds. Hasil serupa juga terjadi pada sampel lain seperti FreeChess. Sementara pada aplikasi The New York Times, tidak hanya iklan yang rakus akan daya baterai, tapi juga kerja ganda dari browser bawaan dan aplikasi itu sendiri.

Pathak menyebutkan bahwa tujuan penelitian ini bukan untuk mengekspose aplikasi atau agensi periklanan yang ternyata rakus baterai. Menurut dia, saat ini proses coding iklan pada Android belum berjalan dengan baik.

Oleh karena itu ia menyarankan pengembang dan pengiklan sama-sama bekerja untuk meningkatkan efisiensi software mereka.

Sumber: Tempo

2 Comments

  1. untuk iklan di game android ada yang tau gak cpnya dan harganya berapa ya seperti iklan OXL dan lazada yg di game android

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: