Blog Emka

Portal tutorial linux, pemrograman sistem informasi, computer security & informasi santri Indonesia

Android

Cara Blokir Iklan di Android (Tanpa Rooting)

adblock-plus
Berikut adalah cara yang bisa anda lakukan untuk memblokir tampilnya iklan di sejumlah aplikasi dan website yang anda akses lewat perangkat Android.

Setidaknya cara ini dapat digunakan mulai Android 3.0 dan tidak membutuhkan sistem yang di root (garansi anda masih aman).

Untuk dapat mengikuti tutorial singkat ini, anda setidaknya sudah paham bagaimana cara menginstall aplikasi Android dalam bentuk file APK (bukan dari Google Playstore maupun Appstore pihak ke 3). Silakan pastikan terlebih dulu setting Allow from Unknown Source sudah anda centang (Settings / Applications).

Berikut adalah langkah untuk memblokir iklan yang tampil di aplikasi maupun browser web di Android anda.

1. Pasang AdBlock Plus for Android.

Ya, selain sudah jadi pemimpin di pasar adblocker pada platform Desktop (Windows, Mac, Linux), AdBlock juga merilis versi Androidnya.

Anda bisa memperoleh versi terbaru dari AdBlock Plus for Android ini di:
https://adblockplus.org/en/android-install

adblock plus for android

Klik tombol Download untuk mengunduh file APK dari AdBlock Plus. (atau klik disini)

Pasang ke sistem anda dengan membuka file APK. Jika ada dialog untuk menginstall dengan aplikasi tertentu, silakan pilih Package Installer.

2. Jalankan AdBlock Plus.

Ubah posisi toggle button Filtering pada Posisi On. Refresh database blocker dengan mengklik tombol tanda refresh. Jika anda sama sekali ingin memblokir iklan apapun (termasuk iklan yang masuk Whitelist) klik pula item Acceptable Ads.

3. Ubah proxy dari setting APN mobile networks anda.

Pilih menu Settings – Mobile Networks – Access Point Names (APN). Misalkan pada handset saya, APN adalah Telkomsel 3G GPRS. Tekan nama APN untuk melihat konfigurasinya. Pilih item Proxy. Isi localhost. Kemudian pilih port dan isi 2020 (port default dari AdBlock Plus).

4. Silakan test untuk mencoba apakah masih ada iklan yang terload.

Catatan:

– cara yang sama harus anda terapkan pada semua APN yang ada/digunakan, khususnya bagi pengguna Android dengan Dual SIM Card.
– secara otomatis AdBlock Plus mampu memblokir iklan tanpa dikonfigurasi jika anda menggunakan koneksi dari Wifi. Namun jika masih banyak iklan yang terload, silakan tambahkan setting proxy pada SSID Name Access Point anda
– memblokir iklan sama sekali sama dengan membunuh kesempatan developer aplikasi untuk mendapatkan uang, bikin aplikasi pun bisa jadi ladang mencari nafkah, maka bijaklah…

5 Comments

  1. kyknya sekarang neh ABP udh gak work lagi di Android, soale tetap aja klo buka aplikasi masih nongol di iklannya 🙁

  2. Lirik Lagu

    Apps ini recomended bngt buat yg pake browser di adnroid soalnya iklan gk jelas menggangu bngt blom lagi tab yang kebuka gk jelas bikin risih tapi kalo pake ini apps beh bersih semua ekwkw

  3. arisabuana

    Aplikasi ini cuma jalan bila terkoneksi dg wifi saja..

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: