Salah satu model pengembangan bisnis Game Android yang berkembang yaitu Freemium dengan Iklan, Freemium dengan In-App Purchase (beli koin, dll) atau Berbayar. Nah, khusus yang pertama dan kedua, kadang iklan yang ditampilkan itu sangat mengganggu.

Berikut adalah 2 trik gratis, tanpa bayar untuk menghilangkan Iklan tersebut.

Trik Pertama, Airplaine Mode/Mode Pesawat

Ya, hampir semua slot Iklan di Game Android itu menggunakan platform AdMob dari Google. Dimana untuk mengakses platform iklan tersebut, butuh akses Internet. Dengan mengatur hape keAirplaine Mode, maka Aplikasi tidak dapat terkoneksi ke Internet dan Iklan pun kosong. Haha

Kelemahannya, seluruh aplikasi juga tidak dapat terkoneksi ke Internet, jadi pesan WhatsApp, Line atau FB semuanya tertahan sampai Airplaine Mode dimatikan.

Trik Kedua, Gunakan Aplikasi Firewall

Nah, untuk trik kedua, prinsip kerjanya seperti trik pertama, hanya saja menggunakan aplikasi Firewall. Yang saya rekomendasikan, install aplikasi NoRoot Firewall dari Google Play Store. Aplikasi ini bisa menghalau koneksi internet per aplikasi, dan ajaibnya, bisa diatur pula, jalan di koneksi Wifi atau di koneksi Data/SIM Card.

Contohnya, pengaturan game: