Menggunakan hape Android dengan RAM yang pas-pasan untuk kerja berat memang menyiksa. Apalagi kalian termasuk orang yang ogah berurusan dengan dunia utak-atik seperti rooting hape, ekstrem mod dll. Tenang, inilah cara sederhana untuk menambah RAM Android dalam artian secara software, bukan secara fisik seperti mengganti chip RAM ke versi lebih lega.

Sekali lagi, menambah RAM secara hardware dipastikan tidak akan mungkin bisa dilakukan. Yang paling bisa dilakukan adalah melakukan optimasi RAM, membuat memori lebih lega dengan mematikan beberapa aplikasi. Berikut adalah rekomendasi cara-cara menambah RAM Android tanpa root dan memori internal.

Yang pertama, install software optimisasi RAM seperti RAM Optimizer misalnya. Atau untuk hape-hape keluaran Vendor China maupun Indonesia biasanya sudah disertakan tool semacam RAM Optimizer. Fungsinya mematikan aplikasi yang sedang berjalan namun tidak digunakan. Ingat, tidak semua aplikasi yang kalian buka di Android di close dengan baik. Banyak yang nggantung dan masih berjalan di background.

Yang Kedua, gunakan aplikasi Task Killer seperti Advanced Task Killer dari ReChild. Set Auto Kill mode pada mode Crazy, dimana aplikasi ini akan membunuh aplikasi di backgroud tiap menitnya. Caranya atur pada menu Settings (klik tanda titik tiga lalu pilih setting). Dijamin RAM menjadi lebih lega.

Yang ketiga, gunakan aplikasi Web daripada aplikasi Native untuk sosial media. Diakui atau tidak, aplikasi sosmed seperti Facebook, Twitter, Instagram dll sebenarnya bisa berjalan di Web meskipun dengan beberapa keterbatasan. Namun, tahukah kalian bahwa dengan mengakses aplikasi tersebut lewat Web memori RAM kalian jauh lebih lega dibanding memasang 3 aplikasi sosmed itu secara native. Jika aplikasi natif APK dari 3 sosmed itu berjalan, dipastikan mereka menguras setidaknya ratusan puluhan bahkan ratusan megabyte RAM dan juga kuota data tentunya. Gunakan saja chrome, firefox atau opera untuk mengakses tiga medsos itu.