Google baru saja merilis update dari aplikasi Pesan (Message) yang dipakai secara default disemua hape Android yang belum dimodifikasi oleh Pabrikan seperti Samsung, Vivo, Oppo dll. Nama dari aplikasi ini adalah Messages atau Pesan dalam bahasa Indonesia.

Jika belum mempunyai aplikasi ini karena pabrikan membenamkan aplikasi mereka sendiri, silakan install aplikasi ini dari Google Play https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.messaging

Salah satu fitur penting dan paling banyak dibicarakan adalah kemampuan mengirim dan membaca SMS dari Website. Tampilan dan penggunaanya sama seperti penggunaan Whatsapp Web atau Telegram Web. Jadi kalaupun hape tertinggal, kita masih bisa mengirim SMS ataupun membaca SMS yang masuk.

Cara Penggunaan

Pastikan aplikasi Messages ini sudah terintall (com.google.android.apps.messaging). Lalu pilih menu titik tiga di pojok kanan atas, dan pilih Messages for Web.

Lalu akan muncul tampilan yang menyuruh kita untuk membuka kamera dan mengarahkan ke kode QR dari situs https://messages.android.com

dan akhirnya jika sudah tersambung, tampilan dari situs messages.android.com akan seperti ini:

Untuk mengirim SMS baru, klik di tanda + New Conversation. Pilih nomor dari Kontak atau tulis nomor hapenya. dan Kirim SMS seperti layaknya mengirim WA dari Web.

Q & A

Apa hape butuh koneksi internet supaya bisa kirim dan baca SMS dari Web?

Ya, harus ada koneksi internet. Bahkan jika koneksi internet hape buruk (atau menggunakan paket data, aplikasi ini akan ngasih tahu, disarankan menggunakan Wifi)

Apa bisa kirim/baca SMS jika menggunakan Dual SIM?

Ya. Ada pilihan kirim dari SIM satu atau SIM dua. Untuk baca, akan tampil semua SMS yang ada dihape dengan indikasi dia dari SIM satu atau dua.

Apa ada biaya kirim SMS dari website messages.android.com?

Ada. Aplikasi website ini gratis, tapi biaya SMS masih sama dengan biaya SMS dari operator. Jadi website ini hanya menampilkan data SMS di hape dan mengirimkan SMS lewat Hape.