Berita tentang terbatasnya stok Apple Watch yang berani dipasarkan Apple ternyata diwarnai sejumlah rumor tentang kemungkinan adanya komponen dari Apple Watch yang tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Seperti dilansir detikINET misalnya, komponen yang ditengarai cepat rusak dalam Apple Watch yaitu Taptic Engine. Taptic Engine dalam Apple Watch ini semacam motor getar pada smartphone yang akan bergetar jika ada notifikasi. Dari sebuah artikel di Wall Street Journal, diperoleh informasi dari sumber terkait bahwa taptic engine yang diimport Apple dari AAC Technologies di China ternyata tidak terlalu berkualitas. Cukup banyak yang cepat rusak.

Langkah Apple yang menghentikan seluruh pasokan Apple Watch yang salah satu komponennya bermasalah dari China itu mendapat buah yang istimewa. Sampai saat ini tidak ada laporan tentang rusaknya Apple Watch.

Dialihkan ke Jepang

Setelah melakukan investigasi khusus, Apple memutuskan untuk menggunakan taptic engine buatan Nidec Corp asal Jepang. Sampai saat ini varian Apple Watch yang menggunakan taptic asal Jepang ini tidak mengalami masalah seperti diatas.