California – Sehari sebelum peluncuran tablet generasi ketiga Apple pada Rabu, 7 Maret 2012 di San Francisco, California, Amerika Serikat, muncul rumor yang menghebohkan dunia digital.

Kali ini, kabar yang menyebar bukan soal spesifikasi atau terhambatnya pasokan display. Isu yang berkembang adalah soal nama. Apakah iPad 3 atau iPad HD?

Laporan situs teknologi, Cnet, 6 Maret 2012, mengungkapkan, dari sumber pengembang yang berhubungan dengan Apple, tablet generasi ketiga nanti bernama iPad HD, bukan iPad 3. Prediksi ini hampir sama seperti yang ditulis Gizmodo dan Venturebeat.

Tapi pertanyaan besarnya adalah apakah nama itu sudah ada yang punya?

Apple memiliki hak penggunaan nama iPad di Amerika Serikat dan sejumlah negara, kecuali Cina. Di Negeri Tirai Bambu itu, Apple masih bersengketa dengan perusahaan lokal yang juga punya gadget bernama iPad.

Sebenarnya, nama iPad HD sudah ada yang punya. Pemilik situs iPadHD.com mengatakan ia sudah mendaftarkan domain tersebut sebelum iPad muncul pertama kali pada 2010.

Ia pun tak pernah dihubungi Apple selama memiliki situs itu hingga sekarang. Nama situs iPadHD.biz pun sudah terpakai, begitu pula situs iPadHD.co.uk

Kendati nama-nama itu sudah ada yang punya, bukan berarti Apple tidak bisa memilikinya. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini pernah membeli iCloud.com tahun lalu untuk menjadikannya situs berbasis layanan komputasi awan.

Sumber: Tempo