Jakarta- iPad 3 atau New iPad secara resmi sudah dijual ke pasar Jumat pekan lalu. Tidak sedikit para penggemar fanatiknya rela bermalam untuk menjadi yang pertama sebagai pemilik tablet terbaru Apple itu.

Sejumlah kelebihan iPad ketiga ini sudah banyak ditulis, salah satunya adalah kemampuan layar yang setara retina display: 2048 x 1536. Tapi sebenarnya berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu iPad?

Perusahaan riset iSuppli HIS telah membeli New iPad dan segera membawanya ke laboratorium. Kemudian membongkar dan menghitung berapa sebenarnya ongkos yang dikeluarkan Apple untuk membuat satu buah iPad.

Hal pertama yang disimpulkan iSuppli HIS adalah tidak banyak perubahan pemasok komponen dibanding iPad 2 yang diluncurkan setahun lalu.

Analis iSuppli IHS Andrew Rassweiler mencontohkan wireless dari Qualcomm dan Broadcom. Qualcomm menyediakan prosesor untuk chip, sedangkan Broadcom memasok chip Bluetooth dan Wi-Fi.

Sedangkan TriQuint Semiconductor kebagian beberapa bagian untuk komponen nirkabel. STMicroelectronics masih tetap memasok gyroscope. Cirrus Logic memasok chip audio codec.

Untuk membuat iPad 16 GB Wi-Fi dibutuhkan biaya sekitar US$ 316 atau Rp 2,9 juta. Ongkos ini sekitar 63 persen dari harga jualnya yang dibanderol US$ 499 atau Rp 4,57 juta.

Adapun untuk versi New iPad 64 GB Wi-Fi 4G dibutuhkan ongkos US$ 409 atau Rp 3,75 juta, sekitar 49 persen dari harga jualnya yang sebesar US$ 829 atau Rp 7,6 juta. Biaya produksi ini mengalami peningkatan antara 21-25 persen dari iPad 2.

Dengan mengunggulkan kemampuan layarnya, Apple telah menggunakan jasa Samsung untuk memproduksi layar mahal dengan jutaan piksel tersebut. Rassweiler memperkirakan harga layar pada New iPad sebesar US$ 87 atau naik US$ 30 dari iPad 2.

“Retina Display merupakan pusat dari iPad baru dan merupakan peningkatan yang paling signifikan dari iPad 2,” kata Rassweiler.

Rassweiler mengatakan, selain Samsung, Apple juga telah meminta dua perusahaan LG Display dan Sharp Electronics untuk memasok layar iPad terbaru. Namun, kata dia, hanya Samsung yang menambah volume produksi. Ongkos layar kemungkinan habis sekitar US$ 90 tergantung masing-masing vendor tersebut.

Rassweiler mengatakan bahwa tiga perusahaan Taiwan, TPK, Wintek, dan Chi Mei memasok untuk suku cadang untuk antarmuka iPad baru. Namun ke depannya, kata dia, Apple perlu melakukan perubahan besar dalam antarmuka iPad.

Biaya gabungan kamera, termasuk kamera depan dan kamera belakang, mengambil ongkos US$ 12,35 atau tiga kali lebih besar dari ongkos pembuatan kamera pada iPad 2. Berbeda dengan layar dan prosesor, tidak mudah untuk mengidentifikasi pemasok untuk komponen kamera.

Namun sejumlah perusahaan disebut memasok komponen kamera seperti Largan Precision Co dan Omnivision. Sebuah perusahaan riset Chipworks menyebutkan Sony sebagai pemasok sensor CMOS dalam kamera iPhone 4S.

Seperti perangkat Apple lainnya, chip prosesor utama adalah prosesor A5X yang diproduksi oleh Samsung. Ongkos produksi chip diperkirakan naik menjadi US$ 23 dari ongkos US$ 14 pada 2 iPad.

Komponen penting yang juga mengambil ongkos lebih mahal adalah pembuatan baterai. Untuk ini ongkos produksinya sebesar US$ 32, naik dari US$ 25 pada iPad 2.

Baterai pada New iPad mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan kapasitas 70 persen lebih besar dari sebelumnya. Penambahan ongkos ini diimbangi dengan bahan lithium polimer yang bisa menekan ongkos produksi.

Sumber: Tempo