Jakarta – Apple hari ini, Selasa, 10 Juli 2012, mengumumkan bahwa iPad baru akan dijual di Cina pada 20 Juli 2012.

IPad baru akan tersedia secara online dan di Apple Stores. Apple akan menerima pemesanan di toko antara pukul 9 pagi hingga siang hari, mulai Kamis, 19 Juli, untuk pengambilan hari berikutnya. Apple saat ini memiliki lima lokasi di Cina, termasuk tiga di Shanghai dan dua di Beijing.

Konsumen Cina bisa memilih iPad putih dan hitam. Harganya serupa dengan di AS, mulai dari US$ 499 untuk model Wi-Fi 16GB hingga US$ 829 untuk model Wi-Fi 64GB. Apple juga akan menjual iPad 2, mulai dari US$ 399.

Pengumuman ini muncul tak lama setelah Apple mencapai kesepakatan senilai US$ 60 juta atas penggunaan nama iPad di negara ini. Apple membeli hak untuk nama iPad dari Proview tahun 2009, namun perusahaan itu mengatakan hak-hak tersebut hanya diterapkan di Taiwan, bukan di Cina. Pengadilan Cina memihak Proview, dan setelah beberapa negosiasi, penyelesaian diumumkan.

Apple merilis iPhone 4S di Cina pada bulan Januari. Banyaknya orang yang berebut membuat perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, itu menghentikan sementara penjualan.

Penjualan di Cina, bagaimanapun, membantu meningkatkan penjualan iPhone selama kuartal pertama hingga lebih dari 35 juta, kata CEO Tim Cook dalam telekonferensi April.

Cina sekarang menjadi pasar utama bagi Apple. Dalam beberapa tahun lalu, pendapatan Apple meningkat dari nol menjadi US$ 13 miliar. “Jadi kami benar-benar fokus untuk mencoba memahami pasar itu,” kata Cook awal tahun ini.

Pada bulan Maret, Cook mengunjungi negara itu, yang menandai pertama kalinya seorang CEO Apple melakukan perjalanan ke negara itu dalam kapasitas resmi. Sumber: Tempo