JAKARTA–Media Inggris The Register menulis bahwa koneksi data 4G iPad terbaru hanya akan bekerja di Amerika Serikat, dan pengguna juga tidak bisa dengan mudah berganti jaringan.

iPad baru yang belum lama diluncurkan di San Francisco merupakan perangkat Apple pertama yang berjaringan LTE (long-term evolution), yang standar dunia umumnya menyebut 4G.

Meskipun sesuai dengan standar dunia serta bisa menggunakan jaringan milik Verizon dan AT & T, The Register mengatakan konektivitas LTE iPad baru tidak akan bekerja di tempat lain di dunia.

Di antara dua operator di Amerika itu, pengguna bahkan tidak bisa dengan mudah berpindah dari satu operator ke operator lain karena frekuensi jaringan keduanya berbeda.

Tidak seperti 3G, yang berada pada band yang sama secara internasional, atau 2G, yang bisa bekerja pada beberapa band, LTE sangat terfragmentasi dengan lebih dari 32 band yang berbeda.

Di Amerika LTE telah digunakan oleh AT & T dan Verizon di band 700MHz, tetapi kedua operator masih memerlukan hardware yang berbeda untuk iPad, dan di Inggris seluruh band telah penuh digunakan untuk televisi terrestrial Freeview.

Ini perlu dicatat, The Register menekankan, istilah 2G, 3G, dan 4G tidak memiliki definisi hukum, sehingga siapa pun bebas untuk menyebut apa pun untuk handset mereka sesukanya.

Di Amerika Serikat umum mengklaim jaringan HSPA+ sebagai 4G.

Dan di Eropa, The International Telecom Union menggunakan istilah “4G” untuk jaringan berkecepatan lebih dari 100Mb/detik, tetapi kenyataannya penyalahgunaan dari aturan mengenai istilah itu sangat luar biasa, kata The Register.

AT & T menjalankan dua jaringan LTE di AS, satu dalam blok 2,1GHz yang umumnya digunakan untuk jaringan 3G, dan lainnya dalam apa yang diketahui sebagai “Kelas 17, 700MHz”.

Yang terakhir merujuk pada band AT & T yang dibeli melalui tender pada 2008 dengan frekuensi berbeda-beda di seluruh AS, tetapi bekerja pada frekuensi antara 704MHz hingga 787MHz.

Sementara Verizon menjalankan jaringan tunggal LTE yang dikenal sebagai “Kelas 13, 700MHz”, beroperasi pada frekuensi antara 746MHz dan 787MHz.

Para operator di AS telah sibuk melobi badan regulator, FCC, untuk meminta semua perangkat LTE 700MHz mendukung semua band, tetapi sejauh ini tidak berhasil.

Jadi ketika orang membeli iPad baru, dengan konektivitas 4G, mereka harus memutuskan apakah ingin iPad yang bekerja dengan jaringan Verizon, atau iPad untuk jaringan AT & T, dan untuk di luar AS koneksi 4G-nya belum tentu bisa bekerja dengan perangkat yang sama.

Sumber: Republika