Bagi yang memakai Windows 10 di komputer yang pas-pasan seperti hamba yang kismin ini, akan gatal saat melihat Task Manager dan mendapati aplikasi bawaan Microsoft sedang gila-gilaan memakan RAM dan CPU Usage. Salah satunya RuntimeBroker.exe dan SVChost.exe.

Apa itu RuntimeBroker.exe?

Runtimebroker.exe adalah aplikasi buatan Microsoft untuk Windows 10 yang tugasnya mengatur permission aplikasi yang di download dari Microsoft Store. Jadi runtimebroker ini memastikan aplikasi yang ada di komputer kita itu bener-bener bikinan mereka, misalkan Mic, Jam, Webcam dll asli aplikasi exe mereka bukan virus atau file lain yang di-rename jadi .exe.

Saat idle/tidak sedang ngapa-ngapain, aplikasi ini tidak mengonsumsi RAM dan CPU terlalu berarti, cenderung 0%. Tapi saat sibuk ngecek permission, dia bisa rakus habisin 15% RAM/CPU.

RuntimeBroker via Fossbyte dot com

Untuk mengatasinya dengan sementara, bisa di klik kanan, pilih End Task saja.

Apa RuntimeBroker itu Virus?

Bukan. Sudah dijelasin diatas. Baca toh…

Cara Mematikan RuntimeBroker.exe

Untuk mematikannya secara penuh, tidak dimungkinkan. Kecuali sampeyan mau komputer dan Windows 10 sampeyan jadi kacau.

Matikan Windows Tips

Caranya klik menu Start/Windows lalu pilih Settings -> System -> Notification & Actions. Matiin semua tombol radio/cek yang ada. Tidak ada lagi notifikasi dari aplikasi Windows yang nanti akan tampil.

Matikan Aplikasi yang Berjalan di Background

Caranya ke Start Menu -> Settings -> Privacy -> Background Apps. Matikan pilihan semua aplikasi.

Matikan Windows Update

Khusus pengguna Windows bajakan, ga sah baca paragraf ini. Pasti sudah kalian lakukan.

Matikan Windows Update, caranya Start Menu -> Setttings -> Update & Security -> Windows Update -> Advance Options -> Delivery Optimization. Matikan opsi Peer-to-peer yang ada di kata-kata Download Update from Other PCs.

Cara terakhir, (biar komputer sampeyan tucau) adalah Rename File RuntimeBroker.exe. Di C:/Windows/System32/RuntimeBroker.exe. Biar komputer sampeyan rusak. Wkwkwk