Blog Emka

Portal linux, pemrograman sistem informasi, computer security & santri

Computer Security

Ikut Kuis Facebook ‘NameTest’? Selamat Data-data Kamu Dihack/Dijual! (Bersama 120 Juta orang lain)

Lagi, Facebook kembali diterpa isu miring soal penjualan data personal penggunanya tanpa izin. Setelah heboh Cambridge Analytica di Amerika dan akhirnya berkembang ke seluruh dunia terkait Pilpres disana, kini Facebook Quiz ‘NameTest’ bikin heboh. Lebih dari 120 Juta data pengguna facebook dijual.

Adalah om Inti De Ceukerlaire, yang mengungkap skandal dari aplikasi kui facebook ini di halaman Medium miliknya. Ironisnya, skandal aplikasi ini sudah di ketahui Facebook bersama dengan aplikasi bermasalah lainnya di bagian Facebook Data Abuse Bounty program. Hmmm,

GEMBLUNGnya, Aplikasi ini secara terang-terangan menyajikan hasil grab data pengguna facebook tersebut LEWAT file Javascript mereka. Hehehe (sokur!) Karenanya, jaminan data ini bocor kemana-mana jadi tidak terkendali karena bisa diakses oleh orang-orang yang tahu URL javascript dari Facebook User yang dengan gembus menggunakan kuis ini.

Via Medium dot com

Apa yang bisa diambil dari data personal user itu? selain nama dan tanggal lahir serta status-statusnya, dia bisa tahu daftar teman, video dan lain-lain. Jadi jangan kaget kalo Facebook gampang di hack dan disusupi iklan-iklan ga jelas karena ikutan aplikasi beginian.

Jadi piye, isih pengen dolanan ‘Kamu Mirip Siapa?’ Kamu mirip artis siapa? wkwkwk

4 Comments

  1. Artikelnya tidak aktual dan sangat subjektif. Apakah anda sendiri mengerti arti “hack” itu sendiri?

  2. Someone

    apakah demikian juga dengan vonvon?

    • Ifhtul Emka

      patut di duga, tapi rentan di hack tidaknya tidak tahu.

      yg jelas situs kuis seperti itu mengoleksi data penggunanya dan dijual ke marketing online sebagai data.

      jadi sebagai pembeli iklan FB saya misalnya bisa tayangin iklan ke pengguna FB umur 30an, di daerah kota besar, yg sudah punya anak dll

      berbekal data dari hasil koleksi kuis2 itu

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: