Pagelaran OsmoDevCon tahun ini diwarnai dengan kehebohan Via Vallen om Steve Markgraf yang mendemokan bagaimana cara melakukan spoofing Jaringan Selular GSM dengan berbekal USB to VGA! Ya gan, bukan guyon ini, alat yang digunakan memang hanya USB to VGA Adapter.

Gelaran OsmoDevCon yang berlangsung dari tanggal 20 sampai 23 April 2018 di Berlin, Jerman ini menghadirkan banyak pembicara dan pegiat keamanan. Salah satunya riset tentang SDR (Software Defined Radio) terbaru.

Spoofing dengan USB To VGA

Memang tidak sebarang USB to VGA Adapter bisa dipakai gan. Yang didemokan oleh om Steve Markgraf di OsmoDevCon kemarin, adalah USB to VGA Adapter dengan chipset khusus. Chipset yang dipakai pada alat itu adalah Fresco Logic FL2000.

USB to VGA Adapter ini bisa didapatkan luas, ada di Aliexpress, Amazon, Ebay dll. Belum tahu juga, apakah sudah ada yang jual di Indonesia. Namun, seharusnya sudah banyak, karena produk ini memang banyak dipasaran.

Begini penampakannya:

Dengan harga hanya 5 dolar amerika (atau sekitar 80 ribuan). Meskipun demikian, harga alat 5 dolar ini bisa memancarkan sinyal low-power FM, DAB, DVB-T, GSM, UMTS dan GPS!

Untuk demo pada saat itu, om Steve mempraktikkan bagaimana dia membuat sebuah Jaringan Selular GSM baru dengan nama Test PLMN 1-1.

Nama jaringan itu bersanding dengan nama operator seluler lainnya di Jerman, Telekom dan Vodafone.

Selain itu dia juga mendemokan pemancaran sinyal radio FM dengan sebaris perintah di Linux. Software yang digunakan juga open source, GNU Radio.

Contohnya, memancarkan suara musik mono WBFM di frekuensi 95 MHz (hehe, ganggu stasiun radio ini mah) :

pacat -r -d alsa_output.pci-0000_00_1b.0.analog-stereo.monitor | \
pv -B 256k | \
sox -t raw -r 44100 -e signed-integer -L -b 16 -c 2 - -c 1 -e signed-integer -b 16 -t raw - \
biquad 4.76963 -2.98129 0 1 0.78833 0 sinc -15k loudness 5 | \
fl2k_fm - -s 130e6 -c 35e6 -i 44100

Untuk contoh dan software-softwarenya, bisa didapat di repo Github om Steve disini: https://github.com/steve-m/fl2k-examples

Atau bagi yang penasaran, silakan baca wiki dari osmo-fl2k disini: https://osmocom.org/projects/osmo-fl2k/wiki

atau Slide Presentasinya disini: http://people.osmocom.org/steve-m/fl2k_slides/osmo-fl2k.html atau Videonya disini: http://media.ccc.de/

Sudah kebayang kejailan yang bisa diakibatkan alat ini? Kalian bisa imitasi jaringan Telomsel, Inbosat atau lainnya, atau mengganggu sinyal GPS. Atau menjaili sinyal radio FM.