TEHERAN–Sebuah serangan cyber diluncurkan oleh hacker AS dan Israel. Serangan itu ditujukan terhadap website 24 jam saluran berita Iran berbahasa Inggris, Press TV.

Serangan terhadap situs web ini berlangsung dari pukul 14:00 hari Senin (5/3)sampai 04:00 waktu setempat pada hari selasa(6/3). Namun, penanggulangan keamanan yang efektif yang diambil oleh tim teknis Press TV menggagalkan serangan cyber pada situs web ini.

Ini bukan serangan cyber pertama pada Press TV, Serangan serupa terjadi di website ini, pada tanggal 18 Februari lalu, pukul 7:50-10:05 waktu setempat, yang juga gagal.

Pada tanggal 9 Desember 2011, hacker Amerika dan Israel menyerang situs Press TV setelah menyiarkan serangan RQ-170 Sentinel pesawat tak berawak AS, sebuah pesawat mata-mata AS canggih yang ditangkap oleh militer Iran karena melanggar wilayah udara negara itu.

Serangan terhadap situs Press TV terjadi juga pada 19 Januari lalu. Ada upaya teknisi Inggris yang beroperasi dari Bahrain untuk memblokir saluran Republik Islam Iran Broadcasting pada satelit Hotbird, termasuk Press TV.

Saluran diblokir termasuk saluran provinsi dan sejumlah saluran internasional seperti Press TV, Al-Alam, Al-Kowsar, Jam-e Jam dan Sahar

Sumber: Republika