akarta – Sudah dipastikan bahwa aktor di balik aksi peretasan situs Sony Corp yang terjadi beberapa waktu lalu adalah Korea Utara. Hal ini penegasan dari informasi sebelumnya, yang menyebut negara komunis ini adalah dalangnya.

Hasil investigasi yang dilakukan pihak intelejen Amerika Serikat memang telah mengerucutkan Korea Utara sebagai biang keladi bobolnya sejumlah informasi penting dan membuah heboh dunia.

kendati Korea Utara yang dituding, namun pihak berwenang belum menyimpulkan secara pasti apa perananannya dalam keterlibatan ini lebih jauh.

Saat ini masih dalam perdebatan, apakah hasil temuan ini akan diumumkan oleh Pemerintah Presiden Barack Obama atau tidak.

Dengan tudingan ini, berarti mematahkan bantahan pihak Korea Utara sebelumnya.

Sebelumnya, seorang diplomat Korut di New York mengatakan kepada Voice of America, bahwa negaranya tidak ada hubungannya dengan aksi hacking tersebut.

“Menghubungkan DPRK (Democratic People Republic of Korea) ke aksi hacking Sony merupakan cara lain dalam menyerang negara kami. Negara kami secara terbuka menghormati norma internasional tentang pelarangan hacking dan pembajakan,” kata pejabat yang tak disebutkan namanya tersebut. Sumber: detikINET