Jakarta – Setelah sukses meluncurkan Moto X, Motorola melanjutkan ambisinya. Perusahaan yang kini dimiliki Google tersebut baru saja mengumumkan proyek menarik bernama Ara.

Tidak seperti pengembangan smartphone yang biasa, proyek Ara diprediksi bakal membuka era baru smartphone dimana pengguna bakal leluasa melakukan kustomisasi pada smartphone miliknya.

Bukan sekadar kustomisasi software, namun juga hardware. Lewat proyek Ara, Motorola berniat menghadirkan smartphone berkonsep modular.

Artinya, penggunanya dapat meng-upgrade sendiri smartphone miliknya mulai dari prosesor yang digunakan, sensor, hingga kapasitas RAM yang diinginkan.

Seperti diketahui, hal semacam ini umumnya ditemui pada segmen PC dimana seluruh komponennya dapat leluasa di-upgrade oleh pengguna.

Motorola juga telah berjanji bakal mulai membagikan undangan ke developer pada beberapa bulan ke depan untuk ikut dalam pengembangan proyek Ara.

Adapun tujuannya adalah untuk menciptakan modul-modul hardware yang akan digunakan oleh smartphone modular garapannya tersebut. Sumber: detikINET