Jakarta – Changhong kembali merilis produk baru untuk konsumen di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, produk tersebut mengusung dua teknologi terkini untuk produk televisi.

Kedua teknologi itu adalah resolusi 4K atau Ultra High Definition (UHD) dan layar melengkung. TV yang diberi nama Curved UHD TV seri Q1C itu dirilis hari ini, Rabu (21/5/2014) dalam sebuah acara yang digelar di Hotel Grand Hyatt Jakarta.

Panel yang digunakan oleh Changhong untuk TV seri Q1C ini adalah IGZO, bukan OLED seperti yang digunakan oleh Samsung dan LG. Kombinasi layar melengkung dan resolusi 4K dalam panel IGZO ini diklaim oleh Changhong sebagai yang pertama dilakukan oleh produsen televisi.

Dalam acara peluncuran tersebut pihak Changhong mengklaim bahwa penggunaan panel IGZO ini mempunyai sejumlah keunggulan jika dibanding panel OLED, salah satunya adalah konsumsi listrik yang lebih irit.

Mereka pun mengklaim bahwa ketahanan panel ini dua kali lipat lebih baik dibanding panel lainnya.

Untuk fitur smart TV-nya, Changhong menggunakan sistem operasi Android 4.2 dan disokong oleh prosesor dual-core A9.

Tersedia juga port USB 3.0 yang bisa digunakan untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan seperti keyboard, mouse, solusi storage USB, kamera, dan lainnya. Untuk konektivitas lainnya ada port ethernet, Wi-Fi, dan Bluetooth.

Remote control yang disertakan mempunyai akselerometer untuk bermain game, dan mikrofon untuk memberikan perintah suara. TV ini tersedia dalam dua ukuran: 55 inch dan 65 inch, yang masing-masing dibanderol Rp 39.999.000 dan Rp 59.999.000.