Oppo Janjikan Bangun Pabrik di Indonesia

Jakarta – Meski kehadirannya di Indonesia masih seumur jagung, Oppo ternyata sudah berhasrat untuk membangun pabrik ponselnya di Indonesia. Saat ini semua smartphone Oppo masih diproduksi di Dongguan, Guangdong, China.

Indonesia dianggap penting oleh Oppo karena jumlah penduduknya yang mencapai 250 juta orang, terbanyak keempat di dunia. Dari jumlah tersebut, angka penjualan ponsel di Indonesia diprediksikan mencapai 70 juta unit.

Hal lain yang menjadi pertimbangan Oppo untuk berinvestasi lebih dalam adalah terbatasnya kapasitas impor smartphone di Indonesia.

Namun pembangunan pabrik tersebut tentunya tak bisa dilakukan dalam waktu semalam. Pihak Oppo saat ini masih dalam tahap bernegosiasi dengan pemerintah Indonesia. Mereka pun masih menunggu kepastian regulasi di Tanah Air.

“Kami masih menunggu kabar dari pemerintah Indonesia mengenai pembangunan pabrik di sini. Selain itu, kami juga menunggu masih menunggu hasil pemilu, karena setelah pemerintahan baru terpilih, tentu akan ada lagi perubahan dalam hal regulasi,” ujar Jet Lee, CEO Oppo Indonesia di Jakarta, Kamis (3/7/2014).

Medio April 2014 lalu, Direktur Elektronika dan Telematika Ditjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) C. Triharso menyebutkan bahwa Oppo sudah berdiskusi secara intensif dengan pemerintah perihal pembangunan pabrik tersebut.

Namun kala itu, Oppo belum mempunyai target kapasitas produksi pabrik, melainkan baru mempelajari tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk membangun pabrik di Indonesia.

Kini Oppo sudah mempunyai ancar-ancar kapasitas produksi pabrik ponselnya itu. “Ya, kira-kira akan mampu produksi sekitar 5-10 juta unit smartphone per tahun,” Kata Lee.

Pangsa pasar smartphone Oppo saat ini diklaim mencapai angka 5%. Angka itu didapat dari penjualan 200 ribu unit smartphone Oppo tiap bulannya.

Sumber: detikINET

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: