Jakarta – Telkom bersama anak usahanya, PT Infomedia Nusantara, mengembangkan aplikasi ponsel yang diberi nama ZAPA. Lewat aplikasi mobile CRM ini diharapkan bisa menggaet satu juta pelanggan dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Menurut Muhammad Awaluddin, Direktur Enterprise & Business Service Telkom, target ini dihara‎pkan bisa tercapai pada 2015 mendatang. Saat ini, Telkom melalui program IndiPreneur telah merangkul 300 ribu UKM sampai dengan Oktober 2014.

“Pada posisi Desember 2013 lalu baru mencapai 170 ribu UKM. Adanya tambahan UKM yang dikelola Telkom tersebut membawa tambahan pencapaian atau scaling revenue pada komponen connectivity sebesar Rp 30 miliar di tahun 2014 ini,” ujarnya di Kaffein, SCBD, Jakarta, Senin (3/11/2014).

Untuk tahap awal, CRM Mobile Apps yang diberi nama ZAPA itu baru tersedia di OS Android. Namun selanjutnya, kata Awaluddin, akan dikembangkan juga untuk OS ponsel lainnya dan terhubung dengan berbagai aplikasi yang telah dikembangkan selama ini.

“Kami ingin mendorong dan memfasilitasi pelaku UKM yang selama ini masih dalam tahap mencoba memanfaatkan layanan internet, benar-benar merasakan peningkatan dalam bisnisnya dengan konsep SO-LO-MO atau social media, local, mobile,” jelas Awaluddin.

Sumber: detikINET