Menjelang akhir tahun 2015 lalu, Google merilis sebuah fitur menarik di aplikasi perkantoran Docs yang terintegrasi di layanan Google Drive. Fitur yang disebut sebagai Voice Typing itu mengizinkan pengguna untuk mengetik dengan menggunakan suara (dictation).

Beberapa bulan setelanya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Venture Beat, Jumat (26/2/2016), Google menambah kemampuan voice dictation sehingga kini bisa digunakan untuk menyunting (editing) dokumen secara langsung dengan suara pengguna. 

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan perintah suara untuk melakukan hal-hal seperti “select all”, “select line”, “bold”, “make bigger”, “increase indent”, “copy”, “paste”, “go to next page”, dan “insert page break”.

Untuk mengetahui daftar lengkap daftar suara tersebut, silahkan kunjungi tautan berikut.

“Kami merilis pengetikan suara di Google Docs untuk membantu Anda merekam ide, membuat suara, atau bahkan menulis novel hebat berikutnya — semua tanpa harus membuat Anda menyentuh keyboard. Mulai hari ini, Anda juga bisa meyunting dan memformat dokumen dengan suara,” ujar Google Product Manager, Isaiah Greene.

Google tampak terus mempersenjatai Google Docs dengan berbagai fitur menarik. Pada bulan September lalu, selain dictation, raksasa internet ini juga memperkenalkan fitur Research.

Menggunakan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan pencarian langsung dari Google Docs. Artinya, pengguna sudah tidak perlu lagi berpindah aplikasi ke layanan Google Search untuk melakukan hal tersebut.

Update ini bisa ditemukan di Google Drive versi desktop dan perangkat berbasis Android.

Sumber: KOMPAS Tekno