Rumor soal iPhone 4 inci terbaru Apple kembali mencuat. Kali ini, beredar kabar mengenai nama resmi yang akan digunakan perangkat tersebut saat diluncurkan nanti. Menurut seorang sumber, sebagaimana KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Sabtu (27/2/2016), kemungkinan iPhone "mini" ini bakal dinamakan iPhone SE. Singkatan SE banyak disebut-sebut sebagai kependekan dari "Special Edition".

Jika rumor tersebut benar, iPhone SE bakal menjadi smartphone pertama Apple yang tidak memiliki nomor model setelah melepas iPhone pertama pada tahun 2007 lalu.

Sebelumnya, perangkat baru tersebut dirumorkan bakal memiliki julukan iPhone 5se.

Apa alasan di balik penghapusan angka 5 tersebut? Apple dikatakan tidak ingin membuat para konsumen bingung dengan angka “5” yang terkesan mundur. Pasalnya, saat ini Apple sudah melepas iPhone 6 dan iPhone 6S ke pasaran.

iPhone SE sendiri dikabarkan bakal menjadi pengganti iPhone 5S di pasar dengan harga jual yang sama. Produk baru ini pun akan memiliki bentuk fisik yang tidak jauh berbeda dari iPhone 5S. Hanya saja, iPhone SE memiliki tepian yang lebih melengkung.

Jika benar akan hadir, maka iPhone SE bakal menandai kembalinya Apple ke ranah ponsel dengan bentang layar 4 inci setelah beralih ke ukuran yang lebih besar lewat iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Di balik layar “kecil” iPhone SE agaknya bakal tersimpan jeroan bertenaga yang dimotori chipset A9 dan co-processor M9 untuk menangani fungsi-fungsi terkait fitness. Ada pula fitur “Hey Siri” yang selalu sigap menanggapi kebutuhan pengguna.

Perkiraan spesifikasi lain mencakup kamera utama 8 megapiksel, chip NFC untuk keperluan fitur Apple Pay, WiFi terbaru Apple, dan juga Bluetooth.

iPhone SE kemungkinan hadir dengan media penyimpanan berkapasitas 16 GB dan 64 GB saat diperkenalkan secara resmi pada 15 Maret mendatang. Itu kalau ia memang sungguh ada.

Sumber: KOMPAS Tekno