Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Mi5 di Barcelona

                            BARCELONA.  Pada Rabu (24//2016), Xiaomi resmi meluncurkan ponsel andalan barunya, Mi5, lewat sebuah acara di Barcelona, Spanyol. Smartphone ini meneuskan tongkat estafet dari flagship terdahulu, Mi4, yang dirilis sekitar setahun yang lalu.Vice President Global Xiaomi mengatakan jeda waktu antara Mi4 dengan Mi5 termasuk lama karena pihaknya ingin memastikan rancangan Mi5 benar-benar sesuaai benar sesuai dengan visi perusahaan. 

“Butuh waktu dua tahun untuk menyelesaikan tantangan yang ada,” kata Barra ketika berbicara di panggung.

Jurnalis KompasTekno Oik Yusuf yang ikut hadir di acara peluncuran di Barcelona berkesempatan menjajal Xiaomi M5 barang sejenak, bersama dengan puluhan jurnalis lain dari seluruh dunia.

Seperti apa kesan yang didapatkan kala pertama kali menggenggamnya? Ikuti ulasan singkatnya berikut ini.

Logam, kaca, dan keramik

Mi5 menganut konsep racangan yang sedikit berbeda dibandingkan ponsel-ponsel Xiaomi sebelumnya, termasuk seri flagship. Sang pabrikan memakai frame berbahan logam yang menghiasi bagian pinggir.

Sisi muka perangkat ini berlapis kaca anti-gores, sementara punggungnya berbentuk melengkung di sisi kanan dan kiri agar terasa nyaman digenggam. Bagian belakang ini bisa terbuat dari bahan kaca atau keramik, tergantung varian.

Varian termurah menggunakan materi berbahan kaca, sementara varian termahal yang disebut dengan nama Xiaomi Mi5 Pro memakai keramik bertekstur kesat yang diklaim memiliki ketangguhan tinggi.

Oik Yusuf/ Tombol Home di perangkat Xiaomi Mi5.Untuk pertama kalinya dalam sejarah Xiaomi, pabrikan asal China ini menyematkan tombol fisik “home” di bagian muka yang diapit oleh dua soft button “back” dan “menu”.

Tombol home berbentuk elips mirip kapsul pipih itu sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari yang mudah digunakan layaknya flagship lain seperti iPhone 6S dari Apple maupun Samsung Galaxy S7.

Cukup dengan menyentuhkan jari dengan ringan ke permukaan pemindai, pola yang diperlukan pun bisa langsung terbaca. Tentu, tetap disediakan opsi lain untuk mengamankan perangkat seperti pattern lock dan kode PIN.

Selain warna standar hitam, Xiaomi Mi5 juga bakal tersedia dalam pilihan warna putih dan gold.

Snapdragon 820

Dimotori prosesor Snapdragon 820 dan pilihan RAM LPDDR 4 berkapasitas 3 GB atau 4 GB, Xiaomi Mi5 diklaim mampu memberikan kinerja sangat tinggi.

Menurut Barra, SoC yang tertanam di ponsel ini memiliki kinerja hingga dua kali lipat lebih tinggi dibanding model tedahulu, Snapdragon 810, baik dari segi performa CPU maupun GPU, sementara konsumsi dayanya justru 50 persen lebih rendah.

Oik Yusuf/ Xiaomi Mi5Demikian juga dengan komponen lain seperti flash memory tipe UFS 2.0 yang digunakan sebagai media peyimpanan internal dan lebih kencang dari jenis eMMC 5.0 yang lebih umum.

“Skor AnTuTu Xiaomi Mi5 saja mampu menembus angka 140.000. Ini pertama kalinya saya melihat ponsel yang bisa memperoleh pencapaian itu,” kata Barra sambil menunjukkan angka skor yang menurut dia diperoleh dari Mi5.

Memungkasi sektor kinerja, Xiaomi Mi5 juga dibekali dengan fitur LTE cat. 12 yang merupakan bawaan dari model X12 di chipset Snapdragon 820. Ponsel ini sanggup mencapaiĀ  kecepatan transfer hingga 600 Mbps, meski harus didukung dengan sejumlah syarat seperti 3x carrier

agregation.

Bara menyebutkan bahwa Xiaomi Mi5 bakal menjadi smartphone pertama dengan prosesor 820 yang hadir di pasaran, ketika sudah diluncurkan pada tanggal 1 Maret nanti di China.

Kamera mumpuni

Hal lain yang mendapat penekanan dari Barra soal Mi5 adalah kamera 16 megapiksel dengan sensor Sony yang turut dibekali dengan fitur canggih lain seperti phase detect AF dan 4-axis image stabilizer.

Oik Yusuf/ Kamera di perangkat Xiaomi Mi5.Kamera utama terletak di bagian pojok kiri atas bagian punggung. Unit kamera ini dilengkapi sensor besutan Sony dan turut dilengkapi fitur-fitur canggih seperti phase detect AF dan 4-axis image stabilizer.

Oik Yusuf/ Hugo Barra saat memberikan presentasi kamera Xiaomi Mi5.”4-Axis image stabilizer pada Xiaomi Mi5 ini bisa meredam goyangan dengan sangat efektif, lebih baik dari ponsel lain. Selain itu, biasanya fitur image stabilizer cuma terdapat pada ponsel berukuran besar karena rangkaiannya rumit. Kami menanamkannya pada Mi5 yang memiliki bentang layar 5,15 inci,” sebut Barra.

Mi5 juga memanfaatkan image processor Spectra pada chip Snapdragon yang oleh Barra diklaim mampu menghasilkan warna-warna yang cemerlang dalam kondisi cahaya apa pun, termasuk malam hari.

Oik Yusuf/ Xiaomi Mi5Untuk membuktikan ucapannya, Barra sempat menunjukkan slideshow sejumlah foto yang diambil dengan Xiaomi Mi5.

“Saking bagusnya detil yang ditangkap Xiaomi Mi5, ada yang salah menuduh bahwa saya memakai kamera DSLR untuk menjepret foto, bukannya smartphone,” ujar Barra seraya memperlihatkan file EXIF foto dimaksud di layar panggung, untuk membuktikan bahwa memang benar Xiaomi Mi5 yang dipakai memotret.

(Baca Juga: Bos Xiaomi Pamer Foto Hasil Jepretan Mi5)

Oik Yusuf/ Xiaomi Mi5Xiaomi Mi5 rencananya akan mulai dijual secara online di China pada 1 Maret mendatang dengan banderol Rp 3,5 juta hingga Rp 4,8 juta.

Hugo Barra juga mengisyaratkan ponsel flagship terbaru Xiaomi ini juga bakal dijual di Indonesia.

Sumber: KOMPAS Tekno

%d bloggers like this: