BARCELONA,  Bersamaan dengan peluncuran duet flagship Galaxy S7 dan S7 Edge, Samsung juga memperkenalkan kamera portabel bertajuk "Gear 360". 

Kamera tersebut mampu membidik dan merekam konten visual 360 derajat atau multi-angle. Alhasil, ketika menyaksikan sebuah video, pengguna bakal merasa benar-benar hadir di suatu tempat atau kejadian.

Hal ini seakan menegaskan keseriusan Samsung memperkuat ekosistem realitas virtual atau kerap disebut virtual reality (VR). Sebelumnya, Samsung juga sudah membuat kacamata pintar “Gear VR” untuk mengakses konten 360.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

KompasTekno menghadiri langsung acara peluncuran Gear 360 beberapa hari lalu di Barcelona, Spanyol, beriringan dengan ajang MWC 2016. Kesempatan untuk menjajal kamera berlensa ganda tersebut pun tak dilewatkan. Ikuti hasil penelusurannya berikut ini.

Desain seperti bola

Gear 360 tak ubahnya bola mata jika hanya dipandang dari sisi bentuk. Ukurannya pas digenggam tangan orang dewasa, dengan berat sekitar 153 gram.

Berwarna putih, sisi depan dan belakang kamera dipatrikan lensa fish-eye dengan bukaan (diafragma) f/2.0 dan sensor dengan resolusi masing-masing 15 megapiksel.

Pada pucuk kamera, melekat tombol bulat berwarna hitam dengan titik merah di dalamnya untuk merekam video. Di bawah tombol, pengguna akan menemukan layar kecil berukuran 0,5 inci dari jenis PMOLED.

Layar itu menampilkan status perekaman, sehingga pengguna tak perlu melulu menilik ke layar smartphone ketika merekam sesuatu.

Di sisi kiri, terpatri dua tombol untuk navigasi kamera. Ada tombol “Bluetooth” untuk menyambungkan kamera dengan perangkat lainnya semisal smartphone, Ada juga tombol “Back” untuk mengendalikan alat perekam gambar ini.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360
Berbalik ke sisi kanan, tertera logo “Samsung” yang landasannya bisa dibuka. Di dalamnya sudah ada baterai 1.350 mAh, slot microSD yang bisa menampung kartu berkapasitas hingga 128 GB, serta port USB standar 2.0.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

Gear 360 ditopang tripod bawaan sebagai dudukan kamera. Tiga kaki itu bisa dibuka dan ditutup, sesuai kebutuhan pengoperasian. Tripod bawaan juga bisa dicopot dan diganti aneka tripod kamera lain yang beredar di pasaran.

Pengoperasian

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

Perlu dicatat, Gear 360 hanya kompatibel dengan perangkat flagship Samsung. Selain Galaxy S7 dan S7 Edge termutakhir, kamera tersebut juga bisa disinkronkan dengan trio Galaxy S6 (regular, Edge, Edge+), serta Galaxy Note 5.

Sebelum memulai petualangan dengan Gear 360, pengguna harus mengunduh aplikasi “Gear 360 Manager” dari toko aplikasi Google Play Store. Selanjutnya, cukup hubungkan ponsel dan Gear 360 menggunakan Bluetooth.

Untuk pembidikan, gabungan dua lensa menghasilkan foto berkualitas 30 megapiksel (gabungan sensor 15 megapiksel dari masing-masing lensa). Sementara pada mode perekaman, kamera akan menghasilkan video beresolusi 4K (3.840 x 1.920).

Jika pengguna hanya ingin mengaktifkan satu kamera (single-camera) hal itu dimungkinkan lewat penyetelan pada smartphone. Selanjutnya, hasil foto atau video akan berformat fish-eye.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

Ada beberapa mode lain yang bisa digunakan selain pembidikan dan perekaman standar, yakni “time lapse” dan “video looping”. Mode pertama memungkinkan hasil perekaman video bertempo cepat. Misalnya saat akan merekam matahari terbenam atau pergerakan awan, mode ini akan menghasilkan konten visual yang apik.

Selanjutnya, video looping memungkinkan pengulangan pada scene tertentu. Pada beberapa kondisi, mode looping akan membuat konten video lebih hidup dan berwarna.

Fatimah Kartini Bohang Samsung Gear 360

Setelah merekam atau menjepret, pengguna bisa melihat hasil video untuk kemudian ditransfer ke galeri ponsel.

Dari pantauan singkat KompasTekno, hasil foto Gear 360 bisa dibilang standar jika dibandingkan hasil kamera 360 lainnya yang beredar di pasaran. Pun begitu, ekosistem yang diciptakan Samsung terhitung sudah mapan ( mencakup smartphone flagship, Gear 360, Gear VR).

Meski, bukan Samsung satu-satunya yang memiliki visi serupa. Berbarengan dengan Samsung, LG juga memperkenalkan smartphone andalan G5, diikuti ekosistem VR lengkap, yakni kacamata “LG 360 VR” dan kamera “LG 360 Cam”.

Samsung belum membeberkan lebih lanjut ketersediaan Gear 360 di pasaran. Harganya juga belum diungkap.

Sumber: KOMPAS Tekno