Meskipun akhirnya kalah dengan Instagram, Flickr salah satu aplikasi yang pernah dibeli Yahoo yang kini bankrut itu, Flickr masih mempunyai basis pengguna solid dan penggunaan harian yang masih tinggi. Hal ini lah yang membuat perusahaan yang membeli Yahoo, bisa menjual Flickr ke perusahaan lain yang berminat yaitu SmugMug.

Akuisisi senilai 20 juta dollar tahun 2005 oleh Yahoo, kini dijual dengan harga yang tidak diumumkan ke publik oleh SmugMug. Apa sih sebenarnya SmugMug ini?

Profil SmugMug

Sebenarnya bagi pegiat fotografi, nama SmugMug sudah tidak asing lagi. Dia adalah situs yang model bisnisnya sama dengan Flickr, situs photo-sharing dan image hosting. SmugMug ini diluncurkan tahun 2002, 2 tahun sebelum Flickr dilahirkan.

Dari awal kelahiran Flickr, sampai akhirnya dibeli Yahoo, SmugMug dan Flickr ini sebenarnya bersaing ketat. Perusahaan yang dibangun oleh anak-bapak Chris dan Don MacAskill ini masih berjaya sampai 2018. Bahkan menurut salah satu wawancara kepada Don MacAskill selaku pendirinya, SmugMug ini sudah menggunakan setidaknya 2 Petabyte atau 2000 terabyte storage di Amazon AWS!

Rencana SmugMug setelah Membeli Flickr

Dikutip dari laman detikINET dari Slashgear, Don MacAskill sendiri belum mengungkap secara pasti apa yang akan mereka lakukan dengan Flickr. “Flickr sudah punya banyak pengalaman di dunia internet. Kami akan mencurahkan lebih banyak perhatian dan sumber daya untuk pengembangan Flickr dibandingkan ketika mereka berada di bawah naungan Yahoo,” kata CEO SmugMug Don MacAskill.

“Jika ada perubahan, kami memastikan perubahan tersebut lebih baik. Kami pastikan untuk melibatkan konsumen loyal kami dalam proses ini sambil kami menumbuhkan SmugMug dan Flickr,” demikian pernyataan yang tercantum di situs FAQ Flickr mengenai perubahan ini.