SEPANG – Kimi Raikkonen optimistis menghadapi GP Malaysia akhir pekan ini. Pebalap Lotus tersebut memasang target bisa naik podium di Sirkuit Sepang, Minggu (25/3/12).

Dalam debutnya di arena Formula 1 pada musim 2012 ini, setelah sempat pensiun hampir selama 4 tahun karena pindah ke reli dunia, Raikkonen sempat kesulitan saat kualifikasi GP Australia akhir pekan lalu. Tetapi juara dunia 2007 ini mampu bangkit dan meraih poin setelah finis di posisi ketujuh pada seri perdana di Sirkuit Albert Park, Melbourne, tersebut.

Nah, performa yang cukup ciamik itu membuat pebalap Finlandia tersebut percaya diri dan yakin mobil Lotus E20 punya daya saing yang bisa diandalkan saat balapan di Sepang. Apalagi, sirkuit tersebut menyimpan kenangan yang manis, karena Raikkonen pernah mencatat kemenangan bersama McLaren pada sembilan tahun lalu.

“Mobil terasa sangat bagus,” ujar Raikkonen. “Dalam balapan saya terlalu lama terjebak dalam keramaian (start dari urutan ke-18), sehingga mobilnya tak bisa maksimal, dan siapa tahu apa yang mungkin terjadi jika kami berada di grid yang lebih baik.

“Mobil ini sangat cepat. Sepanjang kualifikasinya berjalan bagus, kami bisa bertarung untuk naik podium.
“Akan ada banyak hal yang bisa diraih. Kami sedang mempelajari mobil ini, dan pada balapan terakhir tidak ada kesempatan bagi kami untuk menggunakan potensinya secara penuh. Semoga Malaysia akan memberikan lebih lagi.”

Mantan pebalap Ferrari ini melihat tidak ada alasan mengapa Lotus tidak bisa ngebut pada akhir pekan ini. Pasalnya, mobil yang dikendarainya bagus di setiap trek yang sudah dicoba pada tahun ini.

“Kami akan berusaha meningkatkan performa di Malaysia,” jelasnya. “Kami tidak tahu bagaimana mobil akan bereaksi di sana, tetapi mobil ini bagus di manapun, sehingga semoga tetap bagus di sana.

“Anda masih perlu sebuah mobil bagus (di Sepang), dan itu tampaknya apa yang kami miliki. Semoga kami memiliki pekan yang lebih baik dibandingkan dengan apa yang terjadi di Australia, dengan tidak ada kesalahan.”

Harapan serupa juga dilontarkan rekan setimnya, Romain Grosjean, yang start dari posisi ketiga setelah tampil impresif saat kualifikasi GP Australia. Menurutnya, di Malaysia mereka tak perlu melakukan sebuah pekerjaan besar pada mobil.
“Mobil bekerja sangat bagus di Australia,” ujar pebalap asal Perancis ini. “Di sana selalu ada perubahan kecil yang bisa anda lakukan, bukan pekerjaan besar. Performa mobil saat ini sangat bagus.”

Sumber: TribunNews