Sirkuit Barcelona, Spanyol tanggal 15 Mei 2016 menjadi satu saksi sejarah bagi balapan F1 ketika Max Verstappen, seorang pebalap F1 asal Belanda meraih podium. Apa saja fakta-fakta menarik dari Max Verstappen.

1. Max Verstappen adalah Pebalap Debut Termuda Sepanjang Sejarah F1

Max Verstappen adalah pebalap termuda dalam sepanjang sejarah Formula 1 yang memulai debut Grand Prixnya pada usia 17 tahun 166 hari di Sirkuit Albert Park, Melbourne Australia tahun 2015. Tahun 2015, Verstappen memulai debut dengan tim Toro Rosso.

2. Max Verstappen meraih Super License sebelum Syarat Minimal Usia, 18 Tahun

Max Verstappen adalah salah satu dari pebalap formula yang berhasil meraih super license, sebuah lisensi khusus bagi pebalap untuk bisa memulai debut karir dan menjadi pebalap penguji di Formula 1. Verstappen meraih super license pada usia 17 tahun, 1 tahun lebih muda dari syarat minimal usia super license yaitu 18 tahun.

3. Max Verstappen adalah Pebalap Termuda yang Menjuarai Grand Prix F1

Tepatnya di seri Spain F1 Grand Prix di Sirkuit Barcelona, Max Verstappen berhasil menjadi pebalap termuda yang memimpin balapan Grand Prix F1 sekaligus mempertahankannya sampai lap terakhir dan menjadi pebalap termuda dalam sejarah F1 yang berhasil menjuarai Grand Prix F1. Max Verstappen mampu bertahan meski ditempel ketat oleh Kimi Raikonnen dan Sebastian Vettel yang keduanya ada di tim Scuderia Ferrari dan pernah menjadi juara dunia!

4. Max Verstappen baru dipindah dari tim Toro Rosso ke Red Bull F1

Saat menorehkan sejarah menjadi pebalap termuda pemenang grand prix F1, Max Verstappen baru saja dipindahkan dari tim Toro Rosso ke tim Red Bull F1. Max Verstappen menggantikan Daniel Kvyat asal Russia yang dipaksa dipindah ke Toro Rosso, salah satu tim satelit Red Bull di F1 tahun ini. Meskipun baru saja pindah tim, dan pindah konfigurasi stir dan mobil, Verstappen mampu menjadi pemenang termuda dalam sejarah F1.

5. Max Verstappen adalah anak dari Jos Verstappen

Max Verstappen adalah anak dari mantan pebalap F1 era tahun 90an asal Belanda, Jos Verstappen. Jos Verstappen sendiri memulai debut F1 nya tahun 1994, 3 tahun sebelum Max Verstappen lahir. Ibu dari Max Verstappen, Sophie Kumpen adalah pebalap Go-kart di Belgia. Boleh dibilang, Max Verstappen mendapatkan gen utuh dari pebalap ayah dan ibunya.