Alienware, salah satu produsen komputer yang terkenal dengan produk produk laptop highend nya resmi mengumumkan kerjasama dengan Crytek, perusahaan dibalik engine 3D Game, CryEngine. Kerjasama ini akan membuat langkah taktis bagi AlienWare dan Crytek untuk mempercepat pertumbuhan development game di Linux.

alienware

Kita mungkin bertanya-tanya, kenapa Alienware tiba-tiba masuk ke pasar yang sama sekali baru dan sangat peduli dengan pengembangan linux? Mungkin jawabannya adalah karena akan lahirnya pasar potensial yang bisa didapat jika terjun ke arena Gaming di Linux. Sebut saja, Valve dengan SteamBoxnya yang sudah mulai menarik perhatian pengguna konsol.

Crytek sendiri dalam konferensi pengembang game (Game Developer Conference) kemarin mengumumkan bahwa CryEngine akan segera bisa menjalankan banyak game di Linux. Satu hal yang sama seperti yang dilakukan Valve dengan platform Steam tahun lalu.

Akankah dimasa depan Linux Gaming akan menjadi tren tersendiri dan menggusur konsol-konsol dan platform yang sudah lebih dulu mapan seperti Nintendo, PS4, XBox dan lain-lain? Kita tunggu saja!