Tertarik mengembangkan Game sendiri? Bingung ingin mulai dari mana atau belajar dari mana? Mungkin 5 situs ini adalah situs yang tepat bagi kamu yang ingin mengembangkan game sendiri.

  1. Flappy Code

Adalah situs yang cocok untuk orang yang benar-benar pemula dalam pengembangan Game. Tentunya kita sudah tahu betapa fenomenalnya game Flappy Bird tahun lalu itu kan? Nah, dengan ide dan gerak tokoh yang simple itu, Flappy Bird mampu mencuri jutaan pengguna.

Flappy Code adalah situs yang mencoba memberikan tutorial untuk membuat game sejenis flappy bird diatas. Silakan kunjungi situsnya diĀ http://studio.code.org/flappy/1

  1. Stencyl

Flappy Code mungkin hanya sekedar tutorial-tutorial saja tanpa tool. Nah kalo Stencyl ini adalah tutorial sekaligus platform membuat game yang bisa dilakukan disistem operasi apa saja!

Ya, karena berbasis multiplatform, kamu bisa membuat game dari sistem apapun, apakah itu Windows, Mac OS X maupun Linux. Stencyl juga tidak membebani kamu dengan tutorial untuk menuliskan source code tertentu, semua tutorial dan toolnya dilengkapi dengan gui yang mudah diikuti dan dilakukan.

  1. Flow Creator

Flow Creator malah lebih unik lagi, bukan aplikasi desktop seperti Stencyl. Flow Creator adalah aplikasi berbasis web untuk membuat game dengan mudah.

Antarmukanya sangat sederhana. Alurnya sangat mudah dipahami, seperti membuat skema bagan saja. Contohnya pada video berikut:

  1. Twine

Twine ini diperuntukan bagi kamu yang ingin membuat game non-gui, tapi seperti trivia teks interaktif. Nah, program ini bisa membuat game seperti “Choose Your Own Adventure” yang memberikan interaksi berbeda-beda untuk tiap chapternya.

  1. Flappy Creator

Mirip-mirip dengan tool/web pertama, Flappy Creator adalah situs yang menyediakan tool untuk membuat game mirip dengan Flappy Bird dengan model pengembangan yang sangat sederhana, melalui form dan wizard saja.

Itulah 5 situs/tool yang bisa kamu gunakan untuk belajar membuat game sendiri dengan mudah!