JQH NU Siap Selenggarakan MTQ Nasional Juli Mendatang

Jakarta, NU Online
Jam’iyyatul Qurra wal Huffaz Nahdlatul Ulama (JQH NU) akan menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-7 tingkat nasional di Pontianak, Kalimanatan Barat, bulan Juli mendatang.

“Pelaksanaanya akan berlangsung 3 – 8 Juli 2012 nanti,” terang Zahid Luqman, anggota Pengurus Pusat JQH-NU, ketika dihubungi NU Online, Selasa (21/2).

Menurut Zahid, Panitia MTQ tersebut telah dikukuhkan oleh Ketua Umum JQH KH Muhaimin Zen di Pontianak, Senin malam (20/2). Panitia tersebut merupakan gabungan antara panitia nasional dari Pengurus Pusat JQH dan panitia lokal dari Kalbar. Sekda Pemerintah Kalimantan Barat, terpilih menjadi ketua pelaksana.

“Cabang-cabang yang akan dilombakan, adalah tilawah terdiri dari tiga kategori, anak-anak remaja dan dewasa; tahfizd terdiri tiga kategori, 30 juz, 15 juz, dan 5 juz,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Zahid, ada lomba tafsir Al-Quran dalam bahasa Indonesia dan Arab; kaligrafi, dan qiroatul kitab. Peserta MTQ ini adalah santri dari pesantren-pesantren seluruh Indonesia.

“Insyaallah MTQ ini akan dibuka oleh Presiden, karena selain MTQ, juga sekaligus Musyawarah Nasional (Munas) keempat JQH NU,” pungkas Zahid yang juga ketua delegasi JQH pada MTQ internasional di Iran beberapa waktu lalu.

Leave a Reply