Jakarta, NU Online
Ikatan Pencak Silat (IPS) Nahdlatul Ulama atau Pagar Nusa akan menggelar Kongres II bertema Meneguhkan Solidaritas dan Kepatriotan untuk Kewibawaan Bangsa yang Bermartabat, pada 9-12 Juli di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur.

Menurut Sekretaris Umum Pagar Nusa M. Fathurrohman, agenda-agenda yang akan digelar di antaranya atraksi seni bela diri silat dari PW Pagar Nusa Jawa Barat dan Jawa Timur.

“Kemudian ceramah umum Menteri Pertahanan Republik Indonesia dengan tema Mempertegas Komitmen Kebangsaan; Partisipasi Pendekar Pagar Nusa dalam Rangka Menjaga Kewibawaan Bangsa Indonesia yang Bermartabat,” tuturnya.

Lalu, sambung Fathurrohman, peserta kongres membahas masa depan pencak silat dengan tajuk Pencak Silat; Warisan Leluhur yang Hampir Punah? dengan narasumber Menteri Pariwisata RI, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ketua Umum PB IPSI dan Ketua Umum Pagar Nusa.

“Selanjutnya, membahas dunia pengobatan yang akan menyandingkan Permadi dari pengobatan alternatif dan Kementerian Kesehatan RI dari sudut pandang pengobatan modern,” tambahnya.

Agenda selanjutnya adalah rapat-rapat komisi. Tapi sebelum itu, PBNU akan memberikan pengarahan mengenai Pagar Nusa; Partisipasi Kebangsaan dan ke-NU-an.

“Di antara tujuan Kongres II Pagar Nusa ini adalah memperkokoh ukhuwah dan sinergisitas anggota dan pendekar Pagar Nusa se-Indonesia, membentuk dan menetapkan kepengurusan Pagar Nusa 2012-2017,” pungkasnya.