Pagar Nusa Siap Lakukan Pendataan Aliran Silat

Jakarta, NU Online
Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa akan mendata aliran-aliran silat yang berkembang di lingkungan warga Nahdliyin.

Hal itu ditegaskan Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa KH Fuad Anwar selepas acara Soft Launching Festival Pagar Nusa 2012 di Museum Fatahillah, Jakarta, akhir pekan kemarin.

“Pertama yang dilakukan adalah mendata ada berapa aliran yang terdapat di Pagar Nusa,” ujarnya.Kemudian, lanjut Kiai Fuad, setelah didata, aliran-aliran tersebut diklasifikasi mana aliran silat yang murni, dan mana yang sudah berasimilasi dengan berbagai jurus dari berbagai negara dan tempat-tempat lain.

Kiai Fuad menambahkan, berbagai macam aliran silat di Pagar Nusa dibiarkan berbeda, “Keragaman aliran itu merupakan kekayaan kami. Tapi aliran tersebut memiliki jurus sama secara nasional yang disebut gerak dasar Pagar Nusa,” tukasnya.

Pada awal April (2-6) mendatang Pagar Nusa akan menggelar Festival Pagar Nusa 2012. Gelaran tersebut terdiri dari Kejuaraan Nasional Silat, Festival Pencak Silat Tradisional, Sarasehan dan Silaturahmi Pendekar, dan Pengobatan Alternatif dan Bazar.

Incoming search terms: