Pendaftaraan Peserta SPMB-PTAIN Dibuka 1 Mei Sampai 15 Juni 2012

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Perguruan Tinggi Agama Islam Nengeri (PTAIN), Imam Suprayogo mengatakan, jadwal pelaksanaan SPMB-PTAIN pendaftaran peserta secara online dan pembayaran dimulai 1 Mei-15 Juni 2012. Hal itu diungkapkan Imam Suprayogo pada penandatangan MoU Kemenag-Bank Mandiri tentang sistem pembayaran online SPMB-PTAIN tahun 2012. di Auditorium Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (2/2).

Imam Suprayogo menambahkan, pelaksanaan ujian tertulis dilaksanakan 19 Juni 2012 dan pengumuman hasil ujian 13 Juli 2012. Biaya ujian yang dikenakan Rp 150.000,-. Setiap peserta dapat memilih maksimal 3 program studi.

Menurut Imam Suprayogo, diperkirakan sekitar 50.000 calon mahasiswa akan memperebutkan kursi lowong di 52 PTAIN yang meliputi 6 Universitas Islam Negeri (UIN), 15 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan 31 STAIN (Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri). Estimasi jumlah calon mahasiswa tersebut naik dua kali lipat dari jumlah pendaftar pada tahun sebelumnya, sebesar 20.500 pendaftar.

Pembayaran peserta SPMB-PTAIN, kata Imam , dilakukan melalui Bank Mandiri di seluruh Indonesia melalui Mandiri Internet, Mandiri ATM, Mandiri SMS. “Calon peserta menyebutkan Nomor Induk Siswa nasional (NISN) pada saat pembayaraan di Bank Mandiri,” kata Imam.

Jika calon peserta tidak memiliki NISN, maka harus membawa identitas diri lain (KTP/Kartu Pelajar/Kartu Keluarga) pada saat pembayaran biaya ujian di Bank Mandiri. Setelah melakukan pembayaran, calon peserta menerima bukti pembayaran dari Bank Mandiri yang mencantumkan nomor jurnal dan kode akses/PIN calon peserta. Nomor Jurnal dan Kode Akses/PIN ini bersifat sangat rahasia, tidak boleh diperlihatkan pada orang lain, dan hanya dapat dipergunakan untuk pendaftaran online satu kali saja.Kode Jurnal dan Kode Akses/PIN dipergunakan untuk pendaftaran secara online melalui website http://www.spmb-ptain.ac.id.

Sumber: NU Online

Incoming search terms:

One Comment

Leave a Reply