Ribuan Peziarah padati Makam Wali Songo di Gresik

Gresik, NU Online
Sedikitnya 13.000 peziarah dari berbagai daerah di Indonesia setiap hari mengunjungi makam dua tokoh Wali Songo, yakni Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri di Kabupaten Gresik, menjelang datangnya bulan Ramadhan 1433 Hijriah.

Pengurus Makam Maulana Malik Ibrahim, Abdul Wahab, Senin di Gresik mengatakan, ramainya kunjungan peziarah itu terlihat sudah sejak sepekan lalu.

“Kalau dihitung rata-rata tiap hari, kunjungan bisa mencapai 13 ribuan, dan datang untuk berdoa ke sejumlah makam tokoh penyebar agama Islam di wilayah Gresik,” katanya.

Wahab mengatakan, kunjungan peziarah mayoritas ke dua makam Wali Songo yang ada di Kabupaten Gresik, seperti Makam Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Diakui, banyaknya kunjungan peziarah pada pekan ini karena selain memasuki bulan Ramadhan juga bersamaan dengan liburan sekolah.

“Jika dibanding dengan hari-hari biasa, data absensi memang banyak dalam pekan ini, sebab bersamaan dengan liburan sekolah, sementara hari biasa rata-rata peziarah mencapai sekitar lima ribu,” katanya.

Sementara itu, mayoritas peziarah datang dari luar wilayah Jawa Timur, seperti Semarang, Jogjakarta, Jakarta serta sejumlah daerah di Sumatera.

“Kebanyakan dari mereka datang dengan menumpang kendaraan jenis bus pariwisata, dan ada juga yang datang dengan menggunakan kendaraan umum,” katanya.

Banyaknya pengunjung dari luar daerah menggunakan bus pariwisata itu menyebabkan tempat parkir bus di komplek wisata Makam Maulana Malik Ibrahim yang berada di Jalan Pahlawan selalu penuh.

“Selama sepekan ini komplek parkiran bus memang selalu penuh, sehingga sering menggunakan badan jalan, dan peziarah masuknya pun juga bergantian ke area makam,” katanya.

Leave a Reply