KH Sya’roni Ahmadi: Gunakan Sisa Umur dengan Baik

KUDUS – Umat Islam diminta memanfaatkan sisa umur untuk melaksanakan kebaikan. Sebab Allah telah menciptakan tempat surga di akhirat bagi orang-orang mukmin yang mau beramal baik.

Demikian yang disampaikan Mustasyar PBNU KH Sya’roni Ahmadi dalam pengajian rutin Tafsir Al-Qur’an di Masjid Al Aqsha Menara Kudus, Senin (15/7) pagi.

Saat menjelaskan surat Arrahman ayat 26-32, Mbah Sya’roni mengatakan umat Islam jangan hanya sekedar berdo’a meminta-minta kepada Allah tetapi harus berusaha dan amal kebaikan.

“Makanya gunakanlah sisa umur kita untuk berbuat kebaikan karena Allah menjanjikan kenikmatan di surga,” katanya

KH Sya’roni menjelaskan Allah selalu mengetahui watak manusia yang selalu berbuat salah. Namun, manusia kadang tidak mau mengakui kesalahannya sebelum ditunjukkan kekeliruannya.

”Sebelum ada Padang Mahsyar, manusia tidak akan dihisab amal-amal yang diperbuatnya,” terangnya.

Ia menerangkan ayat Al-Qur’an ini memberikan pemahaman kepada umat terkait keterangan tempat neraka dan surga. Orang berbuat dosa akan ditempatkan pada neraka, sementara yang berbuat kebaikan disediakan surga dengan segala kenikmatan.

“Adanya keterangan demikian, supaya umat Islam selalu berusaha bagaimana agar tidak sampai masuk neraka. Maka berbuatlah kebaikan,” tandasnya lagi

Apa yang disampaikan dalam Al Qur’an, tegas Mbah Sya’roni merupakan kepastian dari Allah. Berbeda dengan apa yang akan dilakukan manusia harus diawali dengan kata insyaallah.

“Karena keterangan Allah dalam Al-Quran itu pasti ada atau terjadi. Sedang perencanaan manusia belum pasti makanya harus dengan insyaallah,” tegasnya di depan ribuan jamaah yang memadati aula dan halaman masjid Menara Kudus ini.

Pengajian rutin Tafsir Al-Qur’an yang diasuh KH Sya’roni Ahmadi ini, selama bulan Ramadhan berlangsung setiap usai sholat subuh.

Sumber: NU Online