YAPTINU Jepara Optimis UNISNU Segera Terwujud

JEPARA – Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Nahlatul Ulama (Yaptinu) H Ali Irfan mengungkapkan Yaptinu yang memiliki tiga lembaga INISNU, STIENU dan STTDNU sudah layak berubah menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu).

Demikian isi sambutannya dalam Sosialisasi Kurikulum 2013 “Menyongsong Kehadiran Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara” di kampus Yaptinu, Ahad (3/2).

Menurut mantan wakil Bupati Jepara Yaptinu memiliki sekitar 4600an mahasiswa dengan 236 dosen, 70 % sudah studi S2. Ali menjelaskan lembaga yang ia pimpin juga memiliki lahan luas dengan gedung bertingkat.

“Alhamdulillah, dua tahun berurut-turut kami mendapat bantuan dari pemerintah provinsi sebesar Rp.1.5 miliar. Bantuan tersebut untuk merekolasi kampus,” katanya.

Untuk masalah keuangan ia pasrah. Karena Jepara sambungnya jumlah pengusaha sekitar 3600. Meski demikian pihaknya agak kecewa terhadap Pemkab yang belum bisa mengucurkan bantuan seperti tahun sebelumnya. “Jika tahun ini Yaptinu tidak mendapat kucuran dana dari Pemkab tahun depan Bupati Jepara harusnya tahu kita dapat berapa?” sindirnya kepada Bupati yang juga hadir dalam acara tersebut.

Pihaknya sangat berharap perubahan menjadi Unsinu terwujud. Ali menambahkan jika harapan itu terwujud pihaknya siap bekerja keras. “Dosen yang belum S2 akan kami turunkan jadi BA,” guyonnya.

Bupati Jepara, H Ahmad Marzuqi menyatakan keinginan Yaptinu berubah menjadi Unisnu agar diberikan kemudahan oleh Mendiknas. Apalagi dalam kesempatan itu Mendiknas M Nuh bersama rombongan turut hadir.

Menanggapi hal itu, Mendiknas M Nuh juga menjawab dengan nada guyonan. Menurutnya, Yaptinu itu Uis-NU. “Uwes dadi kampus NU,” jelasnya sembari disambut gelak tawa.

Nuh menegaskan adanya tiga lembaga di Yaptinu sudah menjadi pra-syarat menjadi universitas.

“Tidak perlu khawatir bentuk fisiknya sudah ada. Tinggal menunggu presentasi. Persiapkan presentasi dengan sebaik-baiknya juga melengkapi persyaratan-persyaratan yang ada. Bismillah! Bismillah! Keinginan jadi universitas Insya Allah segera terwujud,” doanya.

Sumber: NU Online

Leave a Reply