Membangun Kader lewat Makesta

Dalam rangka turut serta membangun karakter generasi muda bangsa dan pengkaderan, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Probolinggo menggelar Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Sabtu (13/9) kemarin.

Kegiatan yang digelar di Kantor PCNU Kota Probolinggo ini diikuti oleh seluruh kader muda IPPNU mulai dari tingkat cabang, anak cabang, ranting hingga komisariat. Tidak ketinggalan pula para putri pengurus Muslimat dan Fatayat NU Kota Probolinggo.

Dalam Makesta ini ada beberapa materi yang diberikan sebagai upaya untuk memberikan pembekalan mulai dari Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), kepemimpinan, ke-NU-an, ke-IPPNU-an, keorganisasian, leadership, manajemen diri hingga administrasi. Disamping itu, juga diberikan beberapa materi non formal.

“Selain untuk pengkaderan, Makesta ini digelar sebagai upaya untuk membentengi para kader NU agar bisa menjaga dirinya baik-baik. Terlebih saat ini sudah banyak paham-paham baru di luar NU yang mulai menyerang para generasi muda NU,” ungkap Sekretaris PC IPPNU Kota Probolinggo Imro’atul Azizah.

Oleh karena itu jelas Azizah, dalam Makesta ini para kader muda NU tersebut digembleng dengan berbagai kegiatan yang tujuan utamanya adalah untuk memperdalam dan memperkokoh kembali paham Ahlussunnah wal Jamaah sebagai salah satu bentuk aplikasi keorganisasian.

“Jika pemahaman terhadap aqidah Ahlussunnah wal Jamaah sudah kuat, kami rasa mereka tidak akan mudah terpengaruh oleh paham-paham lain di luar NU. Sebab pegangannya sudah jelas yaitu amaliah ulama NU,” jelasnya.

Azizah menegaskan bahwa Makesta ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pengurus sebagai antisipasi terhadap maraknya paham dan ideologi Islamic State of Iraq and Syria (ISIS).

“ISIS merupakan sebuah ancaman serius yang harus secepatnya mendapatkan upaya nyata sebagai bentuk antisipasi. Apalagi kader muda NU ini merupakan calon penerus perjuangan organisasi NU ke depan,” terangnya.

Sehingga, kata Azizah, tidak salah jika Makesta tersebut dilakukan upaya membentuk karakter dan akhlak kader muda yang saat ini sudah mulai goyah. “Semoga melalui Makesta ini, para kader muda NU tetap berpegangan kepada tuntutan Ahlussunnah Wal Jamaah dan amaliah-amaliah ulama NU sehingga mampu menghasilkan kader-kader yang berkualitas dan berakhlakul karimah,” harapnya.

Sumber: NU Online

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: