JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama melalui Lembaga Takmir Masjid NU (LTMNU) membantu mudik gratis warga dengan tujuan 27 kota dan kabupaten di pulau Jawa dan Madura. Para pemudik berjumlah 1550 itu disediakan 28 bus.

Para pemudik itu dilepas Sekretaris Jenderal PBNU H Marsudi Syuhud, Bendahara Umum PBNU H Bina Suhendra, Ketua Lembaga Takmir Masjid NU KH Abdul Manan A Ghani di halaman gedung PBNU, Jakarta pada Ahad (20/7) siang.

Menurut Sekretaris LTMNU H Ibnu Hazen, pada tanggal 24 mudik gratis kerja sama antara NU dan Bank Mandiri ini juga membantu kepulangan karyawan PBNU, “Kami sediakan 3 bus pada tanggal 24 untuk diberangkatkan ke Surabaya, ke Solo, dan Wonogiri. Mereka belakangan karena cuti baru tanggal 24,” jelasnya.

Menurut Ibnu, jumlah pemudik ini sedikit berkurang daripada tahun-tahun sebelumnya. Hal itu disebabkan sponsor yang membantu juga berkurang, “Pengaruh Pilpres kali hahaha, kesedot pilpres uangnya,” katanya sambil tertawa.

Ibnu menambahkan, LTMNU menjadikan 20 masjid NU menjad posko di sepanjang perjalanan mudik gratis ini. Posko tersebut tersebar mulai Karawang hingga Banyuwangi. Di posko mudik NU, mereka bisa istirahat, shalat, mandi.

Sumber: NU Online