Ingatlah Kisah Ulama Ini, Jika Kau Menggigil Kedinginan!

Sedang menggigil kedinginan karena cuaca ekstrem akhir-akhir ini? mungkin ada hikmah yang bisa kamu ambil dari kisah seorang ulama besar, Ma’ruf al Karkhy disini.

دخل رجل على العارف بالله معروف الكرخي رحمه الله عليه في ليلة شديدة البرد فوجده يلبس قميصاً واحداً وجسمه يرتعد من البرد فقال له الرجل يامعروف لماذا ترتعد من البرد وعندك من الشباب مايدفىء جسمك

Suatu hari, ada seorang pemuda melihat Ma’ruf al Karkhy Rahimahullah berbaring menggigil karena dinginnya malam yang menusuk. Lalu pemuda yang penasaran itu bertanya padanya, “Kenapa engkau hanya memakai satu lembar pakaian saja? bukankah masih punya pakaian yang lain untuk dipakai?”.

فقال له معروف تذكرت حال الفقراء وليس عندي من الشياب ماأتصدق به فلم أجد أقل من أن أشاركهم في قسوة البرد

Ma’ruf al Karkhy pun mengungkapkan apa yang membuat dia menikmati dingin malam yang menusuk itu. “Aku terbayang-bayang apa yang dialami oleh para faqir miskin di luar sana, sedangkan aku tak punya pakaian yang bisa ku sedekahkan untuk mereka. Jadi, paling tidak aku bisa menyertai mereka dalam kedinginan ini” ungkap Ma’ruf al Karkhy.

Dingin ada hikmahnya, jangan mengeluh. Punya satu stel pakaian pun ada hikmahnya. Kita masih beruntung dibanding mereka yang tak punya apa-apa.

Sumber: Kitab Anisul Mu’minin, hal 125

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: