Kerja Keras Bagai Kuli dan Surga, hmmm???

Senin, hari untuk memulai kerja keras di pekan ini. Ada yang senang dengan hadirnya hari senin, karena tidak sabar menyelesaikan sisa pekerjaannya yang tertunda karena akhir pekan.  Banyak pula yang mengeluh datangnya hari senin, karena memutus kenikmatan akhir pekan mereka. Biasanya mereka ini adalah orang yang menganggap pekerjaan mereka terlalu keras, bahkan dianggap terlalu kasar untuk kebanyakan orang, atau bahkan menurut umumnya orang adalah hal yang kotor dan tak semua orang mau menyelesaikan.

Ada kisah menarik dari kitab al Mujalasah wa Jawahirul ‘Ilmi karya Abu Bakar ad-Dainuri untuk orang-orang yang mengeluh pekerjaannya terlalu keras dan kasar. Semangat gan, bisa jadi imbalannya surga yang indah loh.

قال نا محمد بن عبدالعزيز قال حذيفة بن قتادة المرعشي قال

رأى الأوزاعي إبرهيم بن أدهم ببيروت على عنقه حزمة حطب؛ فقال له؛ يا أبا إسحاق إلى متى هذا؟ إخوانك يكفونك  فقال دعني عن هذا يا أبا عمرو؛ فإنه بلغني أنه من وقف موقف مذلة في طلب الحلال؛ وجبت له الجنة

Kisah ini diceritakan oleh Muhammad bin Abdul Aziz, yang mendapat cerita dari Hudhayfah bin Qatadah al Mar’asyi, seorang Persia sahabat dekat dari Panglima Sufyan Tsauri. Hudhayfah menceritakan percakapan yang menampar antara Al awza’i dengan Ibrahim bin Adham.

al Awza’i sedang melihat Ibrahim bin Adham ini sedang mengumpulkan kayu bakar sampai bertumpuk-tumpuk, sampai kira-kira seorang pun tak akan mampu membawanya karena saking beratnya, begitulah gambaran kerasnya pekerjaanya. Dia punya banyak sahabat dan saudara-saudara yang baik yang pasti bisa membantunya.

al Awza’i membujuk Ibrahim untuk berhenti bekerja sekeras itu. al Awza’i  bertanya pada Ibrahim, “Sampai kapan engkau akan terus begini? Bilang saja apa sih keperluanmu itu, kebutuhanmu itu, Ibrahim (Abu Ishaq). Saudara-saudaramu terenyuh menangis karenamu!”

Tak disangka Ibrahim bin Adham menjawab: “Biarlah aku begini, (hey Abu Amru/al-Awza’i), Toh ku dengar, barang siapa yang rela melakukan pekerjaan kasar dan kotor demi mencari yang halal, wajib baginya (masuk) surga”

WOOOOW!

Ayo semangat gan. Jangan mengeluh.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: