JAKARTA – Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menilai kecenderungan apatisme kalangan muda terhadap politik dan parpol pada saat ini masih dibatas yang wajar.

Menurut Muhaimin saat peringatan Harlah ke-13 Garda Bangsa sekaligus raker organisasi sayap kepemudaan PKB itu di Jakarta, Jumat (16/3), bangsa Indonesia saat ini sedang menuju kematangan demokrasi dan berpolitik, dan dalam proses tersebut ada fase-fase yang harus dijalani.

Dia mengatakan bahwa untuk negara-negara lain yang lebih maju dan matang berdemokrasi, mereka membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun sebelum mencapai kondisi seperti sekarang.

“Sementara di Indonesia terjadi percepatan proses berdemokrasi yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Diperkirakan bangsa ini hanya butuh paling lama 20 tahun untuk mencapai kematangan berdemokrasi,” ujarnya.

Ketua Umum Garda Bangsa Hanif Dhakirimengemukakan dalam sejarah politik Indonesia, pemuda selalu menempati peran yang strategis dalam setiap perubahan dan peristiwa kebangsaan. Bahkan dapat dikatakan bahwa pemuda menjadi tulang punggung dari perubahan politik dan perjuangan bangsa.

Sumber: Media Indonesia