SURABAYA – Kendati belum resmi fraksi-fraksi DPRD Jatim terbentuk, namun pembagian jatah kursi pimpinan di lima komisi (A, B, C, D, E) yang ada di Dewan Jatim sudah mulai memanas.

Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) DPRD Jatim sebagai partai pemenang pemilu di Jawa Timur dengan perolehan 20 kursi, ngotot minta jatah satu ketua komisi dan empat wakil ketua komisi.

“Kami partai pemenang, jadi wajar dong kalau ambil jatah di semua alat kelengkapan Dewan Jatim, baru sisanya dibagikan ke fraksi-fraksi lain. Masak FPKB disamakan dengan fraksi-fraksi lain,” ujar Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar saat dikonfirmasi di ruang ketua sementara DPRD Jatim, Jalan Indrapura, Surabaya, Selasa (2/9).

Kendati demikian, lanjut pria yang juga adik kandung Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar ini, keinginan FPKB itu baru bisa terealisasi jika mendapat persetujuan dari delapan fraksi lain yang ada di DPRD Jatim dalam rapat antara pimpinan sementara dengan para calon ketua fraksi-fraksi pada 4 September mendatang.

“Menurut saya pembagian ideal akan lebih mudah dan terbuka dibanding pembagian berdasarkan koalisi partai,” dalih politisi asal Jombang ini.

Sumber: Skalanews