DPC PKB Kab. Sidoarjo melalui desk Pilkada-nya memutuskan untuk kembali mencalonkan H. Saiful Ilah sebagai calon bupati (cabup) dalam Pilkada Sidoarjo 2015. Untuk calon wakil bupati (cawabup) nya akan dicarikan kader muda PKB.

Ini berarti, peluang H MG Hadi Sutjipto sebagai cawabup mulai tertutup. Karena Hadi Sutjipto yang saat ini menjadi wakil bupati bukan tergolong kader muda PKB.

Nama Cabup yang diajukan ke DPP PKB hanya satu, yakni Saiful Ilah. Lain halnya dengan cawabup yang akan diajukan ke DPP lebih dari satu orang.

Ketua Desk Pilkada PKB Sidoarjo, H.Imam Rahmat mengatakan dalam pertemuan desk Pilkada sudah jelas.Untuk cabup calonnya tunggal yakni Saiful Ilah. “Kalau untuk cawabup memang dari internal PKB sendiri dan kita menghendaki kader muda,” ujarnya, Rabu (8/4/2015).

Nantinya, tambah Imam, untuk posisi nama-nama cawabup yang diajukan ke DPP PKB, akan dipilih oleh DPP. “DPP lah yang menentukan siapa yang berhak mendampingi Saiful Ilah,” tukas Imam dengan tidak bersedia menyebut nama-nama cawabup yang akan diajukan ke DPP PKB.

Disinggung soal peluang Hadi Sutjipto untuk mendampingi Saiful Ilah?, Imam Rahmat mengaku kehendak dari kader PKB mengusung kader muda. “Sebenarnya saya ingin ada SUCI (Saiful-Sutjipto) tahap dua, tapi partai menghendaki kader muda PKB yang mendampingi Pak Saiful Ilah,” terangnya.

Keinginan untuk ‘mendepak’ Hadi Sutjipto dari kursi cawabup mendampingi Saiful Ilah terlihat dari awal. Yakni dengan dalih ingin menampilkan kader muda PKB mendampingi Saiful Ilah.

PKB yang memperoleh 13 kursi di DPRD Sidoarjo memang bisa mengusung cabup-cawabup sendiri. Ditambah lagi elektabilitas Saiful Ilah yang masih tinggi, membuat PKB lebih percaya diri mengajukan cabup-cawabup dari kader sendiri.

Sayangnya rapat yang digelar desk Pilkada PKB digelar di Pendopo Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo yang merupakan fasilitas negara. Namun, Imam Rahmat berdalih jika desk Pilkada PKB mendatangi bupati untuk meminta maju lagi dalam Pilkada. “Karena bupati ada di pendopo, kita menemui Beliau disini, bukan rapat disini,” kilah Imam Rahmat.

Dalam pertemuan antara Saiful Ilah hampir seluruh pengurus DPC PKB Sidoarjo dan desk Pilkada hadir. Hanya, H Abdul Kolik yang juga pengurus DPC PKB Sidoarjo tidak hadir.

Abdul Kolik yang berencana maju sebagai cabup sebenarnya sudah diundang. “Sudah diundang, tapi yang bersangkutan tidak datang,” jelas Saiful Ilah.

Pasca putusan desk Pilkada, sayangnya, Hadi Sutjipto enggan dikonfirmasi terkait masalah ini. Bahkan, saat berada di pendopo, enggan diwawancarai.

Sumber: BeritaJatim.com