PARIS – Jolicloud umumkan layanan terbaru yang memungkinkan pengguna untuk mengakses konten yang telah mereka publikasikan pada website berbagi foto dan jaringan sosial. Layanan terbaru ini dinamakan Jolicloud Me.

Pengguna dapat membuat index dari semua gambar, dokumen dan file lain yang tersimpan. File yang tersimpan tersebut juga dapat di golongkan secara otomatis berdasakan jenisnya. Selain itu, pengguna juga dapat mencari satu lokasi untuk menemukan gambar atau dokumen lainnya yang tersimpan pada website Internet. Demikian dilansir PC World, Selasa (20/3/2012).

Adanya kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna untuk mengakses foto tersebut, menjadikan layanan ini sebagai personal cloud. Perusahaan juga telah menawarkan browser berbasis komputer desktop dan cloud OS untuk segmen komputer murah.

Layanan Jolicloud Me saat ini dalam versi closed beta (menanti rilis final version), dan perusahaan tidak memberikan keterangan untuk peluncuran yang lebih luas. Pengguna yang ingin mengambil bagian dalam versi beta, dapat melakukan pendaftaran secara online di website.

Jolicloud Me ini mendukung dengan beberapa jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, Picassa, dan Flic. Perusahaan juga mengatakan akan menambahkan Tumblr dan Instapaper di waktu yang akan datang.

Jolicloud memiliki keunggulan dan berguna bagi pengguna untuk mengingat di mana ia mempublikasikan dokumen maupun file-nya diberbagai website di Internet, sehingga dokumen tersebut bisa diakses secara mudah dan pengguna tidak merasa kehilangan dokumen tersebut.

“Setelah mendengarkan banyak masukan dari pengguna kami, kami menemukan bahwa frustasi terbesar mereka adalah rasa kehilangan terhadap kehidupan mereka pada layanan kompetitif ganda (beragam website jejaring sosial dan berbagi foto),” pungkas Tariq Krim, CEO dan pendiri Jolicloud.

Analis Chris Silva dari Altimeter Group mengatakan, bahwa pasar memiliki potensi sangat besar untuk layanan yang memberikan konten pengguna secara bersama. Menurutnya, siapa saja pelanggan yang menggunakan lebih dari satu atau dua jaringan sosial atau layanan publik lainnya, di mana informasi disimpan atau dipertukarkan, maka layanan Jolicloud Me ini tepat bagi para pengguna tersebut.

Sumber: OkeZone