Resmi, .NET Framework Kini Jadi Project Open-source

Setelah membuka sejumlah sub proyek dari .NET Framework dengan lisensi open-source awal tahun ini, Microsoft kembali melakukan gebrakan dengan merilis penuh seluruh komponen dari .NET Framework dengan lisensi OPEN SOURCE!

Hari ini, perusahaan tersebut mengumumkan bahwa seluruh bagian dari server .NET, termasuk just-in-time compiler dan runtime serta semua library core dari .NET dan dependensinya dirilis secara opensource. Seluruh source code akan dikelola di halaman milik Microsoft di Github (https://github.com/Microsoft/dotnet) dengan lisensi MIT.

Dengan upaya ini, Microsoft berupaya untuk membuat platform .NET bisa berjalan dengan baik di Linux dan OS X. Microsoft juga mengajak secara resmi komunitas pengembang Mono (clone .NET versi open-source) supaya platform tersebut masuk ke fase laik pakai untuk kebutuhan Enterprise.

dotnet-foundation

Visual Studio Community Edition

Selain upaya diatas, Microsoft juga mengumumkan jajaran baru dari edisi Visual Studio, salah satu IDE populer milik Microsoft dengan edisi Community. Microsoft Visual Studi Community ini menjadi satu lagi edisi dari Visual Studio yang dapat diperoleh secara gratis dari Microsoft. Jika versi Visual Studio Express membatasi IDE tersebut untuk mendapat addon dan ekstensi dari pihak ketiga, maka pada versi Community, batasan itu dihilangkan.

Selain itu, Visual Studio Community juga menggunakan basis yang sama dengan versi Full dari Visual Studio, sehingga para developer tidak perlu lagi kesulitan mengembangkan aplikasi untuk desktop, phone dan web. Rencana ke depan, Microsoft akan menghapus versi Express dan menggantinya dengan versi Community.

visual-studio-community

Tanggapan dari Komunitas Mono/.NET

Tanggapan penting seputar berita ini adalah dari leader project Mono, salah satu developer kawakan, Miguel de Icaza. Miguel dalam blog pribadinya mengungkapkan beberapa rencana strategis dari langkah yang diambil Microsoft tersebut. Beberapa diantaranya antara lain:

  • Komunitas Mono dan Xamarin akan melakukan integrasi komponen-komponen .NET yang telah diopensourcekan oleh Microsoft dulu maupun barusan
  • Memperbarui roadmap project Mono dan keseluruhan task yang sudah ada terkait proses integrasi .NET Framework ke Mono
  • Jangka panjangnya, memastikan Mono virtual machine untuk mendukung .NET Core deployment
  • Memindahkan diskusi dari .NET Core ke .NET Foundation Forums.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: