Pengembangan software penampil images, Shotwell secara resmi digawangi oleh tim pengembang ElementaryOS, sebuah distro turunan Ubuntu yang hadir dengan konsep desktop dan shell yang menarik dan sangat cepat.

Shotwell sendiri memang mengalami ketidakjelasan nasib pasca konsentrasi dari Pemiliknya, Yorba, yang memfokuskan diri pada klien email Geary. Sebenarnya pengembangan Shotwell sendiri tidaklah terhenti sepenuhnya. Dalam update 0.15 sekitar Oktober 2013 yang lalu, Shotwell memperkenalkan fitur editing dan sebulan kemudian dirilis versi 0.15.1 yang memperbaiki sejumlah bug yang ditemukan.

Saya sendiri melihat langkah tim Elementary OS yang mengambil alih pengembangan Shotwell ini adalah langkah yang bagus. Seperti kita tahu, Ubuntu sebagai induk dari Elementary OS masih berkutat pada software pihak ketiga yang tidak mereka kembangkan sendiri dan terintegrasi sempurna dengan sistem buatan mereka. Kemudian GNOME 3.10 juga melakukan hal yang sama dengan melakukan pengembangan aplikasi Photos. Langkah Elementary OS yang sedari awal memang dikembangkan dengan konsep tidak sekedar sebagai turunan/fork, tapi juga sebagai wadah pengembangan software secara mandiri ini bisa sangat dipahami.

Mari bersabar dan ikuti pengembangan Elementary OS.