Inilah Kamera Linux, High-speed 21.600 FPS

Kamera High-speed yang bisa merekam puluhan ribu frame per second (fps) tergolong barang yang sangat mewah. Harganya bisa Puluhan ribu sampai ratusan ribu dollar. Tapi tidak dengan Kamera Chronos 1.4 yang dilepas dengan harga sekitar USD 2500 (atau sekitar 32 jutaan).

Salah satu hal yang membuat harga kamera Chronos 1.4 ini menjadi murah adalah karena proses pembuatannya yang dirakit oleh sendiri dengan komponen yang biasa dipakai mereka. Sistem operasinya pun menggunakan Linux. Menggunaakan memori internal RAM 8 – 32 GB.

Chronos 1.4
Chronos 1.4

Dinamakan Chronos 1.4 karena dia bisa menghasilkan throughput 1.4 Gigapixel!. Top Resolution dari kamera Linux ini adalah 1280×1024 dengan rate 1050 frame per seconds.

Chronos sendiri sangat memperhatikan masalah storage. Dengan throughput dan FPS sebesar itu tentunya butuh media simpan yang reliable. Chronos 1.4 menyediakan slot USB untuk flashdisk dan harddisk, slot SD Card tanpa perlu menggunakan PC.

Ada pula audio input dan port HDMI. Powersupply-nya pun disesuaikan dengan beberapa standar power kamera diluar sana. Penasaran dengan hasil shotnya? Saksikan video berikut:

Leave a Reply