Blog Emka

Portal tutorial linux, pemrograman sistem informasi, computer security & informasi santri Indonesia

Linux

Inilah Distro Linux yang Patut Dipantau tahun 2017!

Apa saja distro linux yang patut dipantau ataupun dipakai secara kontinu tahun ini? Distro-distro linux ini saya pilih berdasarkan interest di beberapa komunitas yang saya ikuti. Jadi sangat subyektif sekali.

Beberapa kriteria yang coba saya gunakan disini antara lain:

  • Tampilan themes, harus berkesan modern bisa mengikuti gaya pastelflatmaterial design atau lainnya.
  • Ketersediaan Software Center, tentunya dengan kemampuan update, upgradeinstall-uninstall yang mudah. Nilai plus kalau berencana menganut satu dari alternatif RPM/DEB.
  • Keaktifan komunitas, forum, wiki dan milis di dunia maya. Termasuk pula pemberitaan di media massa online.

Dan inilah beberapa distro rekomendasi saya yang patut dipantau tahun 2017:

Manjaro Linux

adalah versi <em>cantik dari Arch Linux. Turunan distribusi Arch Linux ini didukung dengan themes bernuansa pastel hijau-hitam yang cantik dan konsisten, dari rilis pertama sampai sekarang. Karena berbasis Arch Linux, kita bisa mendapatkan software terbaru dan terlengkap karena ada AUR (Arch User Repository) yang biasanya diupdate setiap hari. Salah satu distro rolling-release terbaik saat ini, sangat patut dipakai dan dipantau perkembangannya tahun ini.

Solus OS

Solus OS adalah distro relatif baru yang berani menghadirkan desktop baru, bernama Budgie Desktop. Meskipun merupakan distro rolling-release, namun Solus termasuk salah satu distro linux paling stable tahun 2016. Budgie desktop pun sangat menarik, cantik dan sangat ringan. Tahun 2016 menjadi salah satu tahun terbaik Solus, karena diberitakan dan diapresiasi besar-besaran di media massa online.

Ubuntu MATE

Versi terbaik dari turunan Ubuntu saat ini. Memadukan konsep modern dan klasik bersamaan. Menggunakan desktop MATE, desktop turunan GNOME 2 yang terus diperbaiki, bahkan kini sudah pure ditulis dengan GTK3+. Ubuntu MATE hadir dengan Ubuntu MATE Welcome, yang merupakan welcome dialogue yang informatif, lengkap dan animatif. Sangat memikat dan memuat banyak info, khususnya bagi pengguna barunya. Komunitasnya sangat aktif, bahkan merupakan salah satu komunitas yang tergolong fanatik dan royal, patreon mereka tiap bulan sudah mampu membiayai operasional distro dan mendonasi sejumlah project upstream yang mereka gunakan. Keren!

 

Distro linux lainnya, seperti Linux Mint, Zorin, Elementary OS, atau openSUSE dan Fedora menurut saya tidak cukup mewakili kriteria diatas, karena sudah minim inovasi. Tapi bukan berarti tidak bagus ya.

1 Comment

  1. Tetep di ubuntu xenial dulu, belum berani nyoba yang lain hehe

Leave a Reply

Theme by Anders Norén

%d bloggers like this: