Developer Debian 8 “Jessie” secara resmi mengumumkan fase feature freeze untuk distro linux yang kuat dan populer didunia server ini. Dengan masuknya Debian 8 ke fase feature freeze, maka mulai dari sekarang tim pengembang Debian tidak akan memasukkan fitur baru ke dalam calon Debian 8 dan hanya akan berfokus untuk memperkuat basis Debian 8 serta memperbaiki bug-bug yang terdeteksi.

Dengan masuknya ke fase tersebut, waktu rilis Debian 8 juga dipastikan selangkah lebih dekat. Biasanya sekitar 6 sampai 8 bulan lagi akan hadir versi stable dari Debian. Meskipun tanggal rilis resmi dari sebuah versi stable Debian memang tidak pernah ditentukan matang, karena menjaga tradisi kehadiran Debian harus stabil dan melalui sejumlah test yang masif.

Satu Developer Lawas Mundur

Kabar mengejutkan selain pengumuman fase Debian 8 tersebut adalah pengumuman resign dari om Joey Hess, salah satu developer kawakan Debian yang telah berkontribusi sejak tahun 1996 yang lalu.

Dalam surat terbuka yang disampaikan beliau di mailing list Debian, om Joey Hess mengungkapkan beliau sudah tidak cocok dengan model konstitusi Debian yang terlalu mengikat, kondisi perdebatan di tim teknis Debian yang terlampau tajam dan passion para pengembang yang tidak menentu.

Apakah ancaman Fork Debian dan mundurnya developer kawakan dari tim pengembang Debian akan mempengaruhi pengembangan Debian ke depan? Kita lihat saja.