The Fedora Project dengan bangga mengumumkan dirilisnya Fedora 21, siap dijalankan sebagai desktop, server dan di Cloud! Fedora 21 bisa menjadi salah satu kunci penting dari Fedora Project dan mampu membuat perubahan besar. Seperti apa sih Fedora 21 itu?

fedora-21

Fedora 21 dirilis dalam beberapa edisi:

  1. Fedora Workstation
  2. Fedora Server
  3. Fedora Cloud

Semua edisi tersebut dibangun dengan basis yang sama yaitu Fedora Base yang menggunakan kernel, RPM, Yum, systemd, Anacoda Installer dan sejumlah komponen penting lain yang sama.

Berikut adalah sekilas tentang beberapa edisi dalam Fedora 21:

Fedora 21 Cloud

Adalah edisi Fedora yang diinisiasi untuk kebutuhan cloud computing yang dibina oleh Fedora Cloud Working Group dan SIG. Edisi ini menawarkan integrasi dan kompatibilitas sejumlah lingkungan sistem cloud seperti OpenStack, AMI dari Amazon dan Docker dengan project Atomic.

Fedora 21 Cloud memang didesain sangat minimalis, sehingga dari segi ukuran, rilis image dari Fedora 21 ini setidaknya 25% lebih kecil dibanding image Fedora 20. Semuanya didesain kompak untuk dijalankan pada sistem virtualisasi.

Fedora 21 Server

Adalah edisi Fedora yang diinisiasi untuk kebutuhan server yang dibina oleh Fedora Server Working Group. Tidak banyak hal mengejutkan dari Fedora Server selain fitur server pada umumnya, seperti web server, database, file, semuana mendukung implementasi Fedora sebagai OS server baik sebagai PaaS maupun IaaS.

Untuk mendukung kebutuhan PaaS maupun IaaS tersebut, Fedora membenamkan tiga teknologi dan fitur unik seperti:

  • Rolekit, manajemen dan pengembangan Role penggunakan sistem, untuk setiap kebutuhan role administrasi jaringan dan administrasi server
  • Cockpit, antar muka untuk konfigurasi dan monitoring server atau server lain. Bisa diakses lewat web browser.
  • OpenLMI, sebuah manajemen sistem yang dibangun diatas teknologi DMTF-CIM yang bisa dilakukan secara remote.
  • Domain Controller Server Role

Fedora 21 Workstation

Adalah edisi Fedora yang ditujukan sebagai sistem operasi desktop. Ide besarnya adalah mengambil komponen terbaik, mengintegrasikan mereka dan membuatnya lebih cantik. Hasilnya adalah edisi yang lebih ekslusif dari edisi-edisi desktop Fedora sebelum-sebelumnya. Tidak ditujukan khusus untuk pengguna Linux pemula, namun lebih ke pengguna Linux kawakan dan para developer software yang sekarang tampaknya sedang keranjingan pake Macbook.

Beberapa fitur penting di Fedora 21 Workstation kali ini antara lain:

  • Software Installer berbasis Gnome yang responsif dan cepat
  • Pengayaan Terminal/console dengan fitur transparent background, automatic tile update, dan fitur search terminal
  • Dukungan penggunaan Wayland (pengganti X11)
  • DevAssistant
  • Instalasi yang mudah lewat USB
  • Dukungan Web Service berbasis HTML5
  • Dukungan HiDPI untuk monitor komputer generasi terbaru

Selain ketiga edisi diatas, komunitas Fedora juga tetap menghadirkan Fedora Spin, edisi-edisi Fedora yang didukung komunitas-komunitas khusus seperti edisi KDE, Xfce, LXDE, Sugar on Stick, Elektronik, Computer Forensic, ARM dll.

Tentang dirilisnya Fedora 21, lebih lengkap bisa anda baca disini.

Download

Silakan download dari Repo UNNES: